Sejak Dipimpin Pj Bupati Apriyadi, Perekonomian di Muba Menguat, Efek Masifnya Bantuan Langsung ke Warga

Sejak Dipimpin Pj Bupati Apriyadi, Perekonomian di Muba Menguat, Efek Masifnya Bantuan Langsung ke Warga

Perekonomian di Muba Menguat, --

SEKAYU, HARIANMUBA.COM- Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dibawah kepemimpinan Pj Bupati Apriyadi Mahmud sejak satu tahun lebih belakangan ini menuai banyak capaian positif yang berdampak langsung ke masyarakat. 

Selain kemiskinan ekstrem yang turun drastis menyentuh angka 0.9 persen dari sebelumnya di tahun 2022 4.7 persen, di tangan dingin putra daerah asli Muba kelahiran Desa Bumi Ayu Kecamatan Lawang Wetan itu perekonomian di Muba mampu menguat signifikan. 

Hal ini diketahui berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). "Perekonomian Kabupaten Muba tahun 2023 menguat hingga 4,51 persen dibanding pertumbuhan ekonomi 2022 yang hanya sebesar 4,27 persen," ungkap Kepala BPS Muba Trio Wira Dharma SST MM, Kamis 14 Maret 2024.

BACA JUGA:Wajib Diketahui, Ini Tanda-Tanda Kerusakan Pada Wiper Mobil

Ia menyebutkan, penguatan ekonomi Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2023 merupakan wujud nyata keberhasilan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin dalam meningkatkan perekonomian. 

"Dari 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel, hanya dua kabupaten yang mengalami penguatan pertumbuhan ekonomi, yaitu Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir," bebernya.

Trio mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota lainnya, bahkan pada level nasional dan Provinsi Sumatera Selatan sendiri mengalami perlambatan pada tahun 2023.

"Dilihat dari sisi pengeluaran konsumsi pemerintah tahun 2023 terjadi peningkatan sebesar 5,17 perseb. Angka ini menguat dari tahun sebelumnya yang hanya tumbuh sebesar 0,91 persen," ulasnya. 

BACA JUGA:Dorong Inklusi Keuangan SertanTingkat Literasi Digital, BRI BO Sekayu Gelar Pasar Ramadan di Pasar Randik

Lanjutnya, penguatan ini sejalan dengan meningkatnya belanja pemerintah berupa program bantuan sosial yang memberikan bantuan tunai ke masyarakat. 

"Pemberian bantuan ini mengakibatkan perubahan pola konsumsi masyarakat, sehinggabpertumbuhan pengeluaran konsumsi rumah tangga menguat dari 5,83 persen pada tahun 2022 menjadi 7,42 persen di tahun 2023," urainya.

Lanjut Trio, hal tersebut sejalan pula dengan laju pertumbuhan ekonomi menurut lapangan usaha yang seluruh kategorinya bernilai positif. "Dimana pertumbuhan paling tinggi yaitu pada kategori Penyediaan akomodasi dan Makan Minum yang tumbuh sebesar 15,55 persen," jelas Trio.

BACA JUGA:Air Mulai Surut, Warga Muba Mulai Berburu Seluang Mudik

Sementara itu, Pj Bupati Apriyadi Mahmud mengungkapkan, capaian dan kuatnya perekonomian di Muba tidak terlepas dari kerja-kerja stakeholder dan OPD di lingkungan Pemkab Muba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: