Ternyata Penemu Kamera Adalah Ilmuwan Muslim, Berikut Namanya

Ternyata Penemu Kamera Adalah Ilmuwan Muslim, Berikut Namanya

Ilustrasi kamera--

BACA JUGA:Selama Ramadhan, Warga Binaan Lapas Sekayu Dapat Makanan Tambahan

Namun gambarnya berubah,"seperti yang Ibnu Al-Haytham jelaskan, jika saya melihat dengan mata ini, melalui pinhole ini, saya akan dapat melihat gambar gereja ini lagi, dan melihatnya kembali di retina. 

Ibnu Al-Haytham bukan sekedar menjelaskan cara kerja mata, tapi sifat dari cahaya itu sendiri.

Beliaulah yang pertama membuktikan bahwa cahaya berjalan dalam lintasan lurus, sehingga beliau bisa menjelaskan pantulan cermin, pembiasaan cahaya, dan fenomena-fenomena lainnya.

Dan ini menjadi landasan penemuan semua teknologi yang melibatkan cahaya, seperti kabel optik, laser, komunikasi satelit, sampai akselerator partikel.

BACA JUGA:Ada Perubahan, Inilah Tarif Baru Tol Palembang Indralaya dan Tol Pekanbaru - Dumai

BACA JUGA:Desa Srigunung Kembali Gelar Pasar Bedug, Tahun Ini Spesial Dapat Bantuan tenda dari Pemkab Muba

Itulah kenapa buku Al-Haytham ini menjadi sangat penting bagi perkembangan sains modern. Apa yang pelajari di sekolah dalam bab optik seperti cermin, pembiasaan cahaya, lensa,

cara kerja kamera, teleskop, mikroskop, semuanya berasal dari buku yang usianya 1.000 tahun ini. Namun sayang, Ibnu Al-Haytham tidak pernah disebutkan di buku-buku sekolah.

Nama Ibnu Al-Haytham mungkin tidak begitu populer. Tidak sepopuler Newton atau Einstein.

Namun, nama Ibnu Al-Haytham atau Al-Hazen, begitu pentingnya sampai nama beliau dijadikan nama salah satu kawah di bulan. Dan beliau juga diabadikan dalam mata uang Irak, 10.000 dinar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: