Waspada, Debit Air di Sungai Musi Kembali bakal Naik, Ini Tandanya

Waspada, Debit Air di Sungai Musi Kembali bakal Naik, Ini Tandanya

Kondisi air sungai musi--

HARIANMUBA.COM,- Waspada, Debit Air di Sungai Musi Kembali bakal Naik, Ini Tandanya.

Debit air Sungai Musi dalam dua hari terakhir terpantau menunjukkan tanda bakal mengalami kenaikan yang cukup signifikan. 

Pasalnya, saat ini kondisi aliran Sungai Musi banyak dihiasi berbagai material seperti buih dan rempan (ranting kayu, red). 

Kondisi ini diduga akibat kenaikan debit air Sungai Musi di bagian hulu akibat curah hujan tinggi. Kondisi ini mengakibatkan air Sungai Musi saat ini menjadi lebih keruh dibandingkan biasanya.

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Ban Becah Saat Berkendara

BACA JUGA:Pertama di Indonesia, Sumsel Bentuk Sekretariat Bersama Samsat Provinsi

Namun meski demikian sebagian masyarakat masih tetap memanfaatkan air sungai untuk mandi dan mencuci.

“Ya, masih mandi dan mencuci di sungai, sebab di rumah belum ada kamar mandi sendiri. Jadi mau bagaimanapun kondisinya tetap mandi kayo (mandi di sungai, red),” ungkap Hamna (59) warga Kelurahan Ngulak I Kecamatan Sanga Desa, saat dibincangi wartawan koran ini, Minggu 5 Mei 2024.

Dari pantauan di lapangan, walaupun saat ini Sungai Musi mengalami pasang material yang biasa terbawa aliran air saat pasang berupa ranting pohon atau rempan juga terlihat cukup banyak.

“Kalau rempan atau buih saya perhatikan hari ini cukup banyak. Air sungai yang ada juga jadi lebih keruh, warna nya hampir seperti kopi susu,” ujar Ayub (37) warga Muara Rawas, yang keseharian nya menjadi pengemin sungai.

BACA JUGA:SK Pelantikan Pj Bupati OKU Selatan Dibatalkan Mendagri, Pemprov Sumsel Siap Jembatani

BACA JUGA:Tim PSC 119 Muba Berikan Pelayanan Terbaik Para Kafilah dan Dewan Hakim MTQ

Lebih lanjut ia pun berharap dengan naiknya debit air sungai musi ini bisa membawa berkah berupa ikan-ikan ke dalam anak sungai yang ia kelola.

“Mudah-mudahan kalau airnya keruh seperti ini banyak ikan-ikan seperti Ikan Lais ataupun Ikan Sangarat yang masuk ke dalam sungai saya,” harapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: