Wajib Tahu! Bagini Cara Nyetir Mobil Matik Biar Irit Bahan Bakar

Wajib Tahu! Bagini Cara Nyetir Mobil Matik Biar Irit Bahan Bakar

Wajib Tahu! Bagini Cara Nyetir Mobil Matik Biar Irit Bahan Bakar--

HARIANMUBA.COM- Mengemudikan mobil transmisi matik bisa menjadi lebih irit bahan bakar jika dilakukan dengan cara yang tepat.

Banyak pengemudi yang baru menyadari bahwa ada beberapa teknik khusus yang dapat membantu menghemat bahan bakar saat mengemudi mobil matik.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mencapai efisiensi bahan bakar yang lebih baik:

BACA JUGA:Stok Ikan Sungai Menurun, Ikan Nila Jadi Primadona Warga Sanga Desa

1. Menjaga Putaran Mesin

Menurut Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, kunci utama agar mobil matik lebih irit adalah menjaga putaran mesin tidak lebih dari 2.000 rpm. 

Ini berlaku baik saat kondisi stop and go maupun saat melaju konstan. "Transmisi matik memiliki modul TCU (Transmission Control Unit) yang mendeteksi seberapa besar torsi yang dibutuhkan dengan percepatan laju mobil," jelas Hermas.

TCU akan mengatur rasio gigi secara otomatis untuk menjaga laju mobil pada putaran mesin rendah, yang berujung pada konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

BACA JUGA:Usulan Muba Timur Kembali Mencuat, Wilayah Mana Berpotensi Jadi Ibukota Kabupaten, Berikut Daftarnya

2. Manfaatkan Momentum

Manfaatkan momentum laju mobil, terutama di jalan lurus atau turunan, dengan melepas pedal gas sesekali. Dengan demikian, mobil dapat tetap melaju tanpa harus menginjak pedal gas terus-menerus, sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih rendah.

3. Gunakan Mode ECO

Banyak mobil matik modern dilengkapi dengan fitur mode berkendara ECO. Mode ini mengatur respons throttle agar pembakaran mesin tidak berlebihan akibat injakan pedal gas yang dalam. Menggunakan mode ECO dapat membantu menjaga efisiensi bahan bakar.

4. Pengaturan AC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: