Waspada Modus Penipuan Vishing, Kenali Tanda-Tanda dan Cara Menghindarinya

Waspada Modus Penipuan Vishing, Kenali Tanda-Tanda dan Cara Menghindarinya

Ilustrasi penipuan vishing--

HARIANMUBA.COM- Penipuan berbasis teknologi semakin canggih dan salah satu metode yang kian marak adalah vishing. Istilah vishing berasal dari gabungan kata "voice" dan "phishing", yang merujuk pada praktik phising melalui panggilan suara.

Penipu menggunakan telepon untuk mengelabui korban agar menyerahkan informasi pribadi atau mengklik tautan berbahaya, yang bisa digunakan untuk membajak perangkat atau aplikasi mobile.

Vishing sering kali memanfaatkan rasa panik atau kepercayaan korban terhadap otoritas tertentu. Para pelaku akan berupaya meyakinkan korban bahwa mereka mewakili lembaga resmi atau perusahaan besar yang memiliki otoritas, seperti lembaga pemerintah atau perusahaan teknologi terkemuka.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali ciri khas dari modus penipuan ini agar Anda tidak menjadi korban berikutnya.

BACA JUGA:Ini 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Daftar CPNS 2024

Berikut adalah beberapa tanda-tanda panggilan vishing yang harus Anda waspadai:

1. Mengaku dari Lembaga Resmi atau Perusahaan Besar

Pelaku sering kali mengaku mewakili lembaga pemerintah seperti FBI atau perusahaan besar seperti Amazon, Apple, Microsoft, atau Netflix. Mereka mungkin berbicara dengan nada tegas untuk memberikan kesan otoritas, tetapi sebenarnya ini adalah bagian dari taktik intimidasi untuk memanipulasi korban.

2. Iming-Iming Hadiah atau Keuntungan

Jika Anda menerima telepon yang memberitahukan bahwa Anda terpilih mendapatkan hadiah, terutama jika Anda tidak pernah mengikuti undian atau lotere, kemungkinan besar ini adalah penipuan.

Pelaku akan mencoba membuat Anda tergoda dan lengah untuk akhirnya menyerahkan informasi pribadi atau membayar biaya tertentu.

3. Panggilan Tanpa Menyebut Nama Penerima

Penelepon yang sah seharusnya tahu siapa yang mereka hubungi. Penipuan vishing biasanya dimulai dengan sapaan umum tanpa menyebut nama, seperti "Selamat siang, Bapak/Ibu." Jika penelepon tidak bisa menyebutkan nama Anda dengan benar, itu adalah tanda bahaya.

BACA JUGA:Bagus Untuk Kesehatan, 5 Minuman Ini Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: