Polsek Keluang Ajak Masyarakat Alih Profesi dari Illegal Refinery ke Petani Jamur Merang

Polsek Keluang Ajak Masyarakat Alih Profesi dari Illegal Refinery ke Petani Jamur Merang

Polres Muba cek produksi Jamur Merang binaan Polsek Keluang--

KELUANG, HARIANMUBA.COM– Polsek Keluang terus mengupayakan penegakan hukum terhadap praktik illegal refinery di wilayah hukumnya dengan pendekatan preventif.

Kapolsek Keluang, AKP Yohan Wiranata SH, menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan himbauan langsung kepada para pemilik refinery ilegal untuk menghentikan kegiatan mereka.

Pendekatan ini bertujuan untuk menghindari tindakan hukum yang lebih tegas dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk beralih ke profesi yang lebih legal dan berkelanjutan.

BACA JUGA:Tinjau Karhutla di Gelumbang, Pj Gubernur Sumsel dan BNPB Beri Dukungan dan Bantuan

"Kami mengedepankan prinsip Ultimum Remedium, di mana tindakan hukum merupakan opsi terakhir. Sementara itu, pemerintah provinsi dan kabupaten sedang berupaya mencarikan solusi terbaik untuk masyarakat yang masih terlibat dalam aktivitas ilegal ini," ujar AKP Yohan.

Sebagai bagian dari solusi yang ditawarkan, Polres Musi Banyuasin di bawah kepemimpinan AKBP Listiyono Dwi Nugroho SIK MH telah meluncurkan inovasi program pengalihan profesi bagi masyarakat yang terlibat dalam illegal refinery menjadi petani jamur merang

Program ini memanfaatkan limbah tangkos sawit sebagai media tanam jamur merang, dan pilot project-nya dipusatkan di Polsek Keluang.

AKP Yohan menjelaskan bahwa alat-alat budidaya jamur sudah disiapkan, dan panen perdana telah dipamerkan dalam ajang Muba Expo.

BACA JUGA:Dinkes Muba Gelar Pertemuan Pengukuran dan Publikasi Data Stunting

"Saat ini, hasil panen masih untuk konsumsi pribadi, namun jika perizinan dari BPOM dan Disperindag selesai, kami siap memproduksi secara massal," tambahnya.

Produk jamur merang dari program ini diberi nama JAMANG (Jamur Merang Keluang), dan diharapkan mampu menjadi alternatif mata pencaharian yang lebih legal dan berkelanjutan bagi masyarakat Musi Banyuasin.

"Dengan dukungan dari pemerintah kabupaten, program ini akan dijalankan secara masif sehingga memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat," tutup AKP Yohan.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Merk Ban Motor Matic Murah Ini Memiliki Kualitas yang Sangat Baik

Program ini diharapkan mampu mengatasi masalah illegal refinery sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan ekonomi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.(ren) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: