Libur Sekolah, Tidak Ada Salahnya Berlibur Ke 7 Tempat Wisata Budaya Yang Ada di Kota Palembang Ini

Sabtu 17-12-2022,09:14 WIB
Editor : Dodi

Tepat berada di pinggiran Sungai Musi, rumah ini menggunakan gaya arsitektur Melayu Cina yang interiornya kaya akan pahatan relief bernuansa keemasan dan memiliki ornamen Tiongkok yang usianya lebih dari 200 tahun.

BACA JUGA:Catat! Ini 5 Jurusan Yang Berpeluang Besar Lolos CPNS Tahun 2023, Jurusan Apa Saja Itu, Yuk Baca Lengkapnya

Diketahui, rumah ini adalah rumah kediaman seorang Saudagar peranakan di kota Palembang yang tinggal di Selatan Sungai Musi dan memiliki toko dan gudang besar di Sisi utara Sulawesi.

Rumah Ong Beon Tjiet adalah salah satunya rumah kaum peranakan yang masih asli dan terawat dengan baik. Untuk sampai ke sini kamu bisa menyewa perahu dari pelataran Benteng Kuto Besak di tepi Utara Sungai Musi dan menyeberangi sungai ke Selatan menuju Rumah Ong Boen Tjiet.

Rumah bersejarah ini memiliki bangunan 90 persen terbuat dari kayu unglen. Sebelum memasuki rumah, para tamu disambut dengan ukiran kaligrafi bertulisan mandarin yang terjemahannya, “Berjaya Sampai Anak Cucu”.

Kemudian dua daun pintu lebar bertuliskan “Seorang Harus Jujur Untuk Kebenaran”.

BACA JUGA:Tak Mampu Lagi Bayar Angsuran Mobil, Warga Musi Rawas Sumatera Selatan Malah Buat Laporan Palsu

Suasana tenang dan sejuk sangat terasa memasuki ruangan utama karena sebanyak enam jendela terbuka menatap kearah Sungai Musi.

Menuju keruangan berikutnya, semakin banyak dijumpai tulisan kaligrafi cina yang memiliki falsafah dan arti yang sangat dalam.

Lukisan dinding dan ukiran khas tionghoa, serta foto-foto mendiang keluarga Ong,  terasa syahdu seakan menyambut kehadiran para tamu dengan sangat ramah.

Pengunjung yang ingin berwisata ke tempat ini bisa sekaligus menikmati gemuruhnya pemandangan Sungai Musi dan pemandangan Jembatan Musi VI.

Bila kamu ingin berkunjung ke rumah heritage yang cantik ini bisa melewati jalan air dengan datang ke yang berada di depan Patung Ikan Belida yang ada di halaman Benteng Kuto Besak dan menghadap ke Sungai Musi.

7. Masjid Cheng Ho

Decak kagum mungkin menjadi hal pertama yang kalian lakukan ketika pertama kali melangkahkan kaki di Masjid Cheng Ho ini. 

Pandangan mata dipastikan akan tertuju pada arsitektur dari bangunan masjid ini.

Warna merah yang mendominasi, dibalut dengan nuansa Tionghoa menjadikannya begitu unik.

Kategori :