Kabut Asap Tebal Selimuti Tol, Ini Upaya Dari Hutama Karya Antisipasi Karhutlah

Minggu 01-10-2023,20:13 WIB
Editor : Dodi

HARIANMUBA.COM,- Kabut Asap Tebal Selimuti Tol, Ini Upaya Dari Hutama Karya Atasi Karhutlah

Dalam beberapa hari ini kabut asap menyelimuti tol trans sumatera.

Hal ini akibat kebakaran lahan diwilayah Sumsel khususnya disekitar tol trans sumatera 

Mengantisipasi potensi terjadinya Kebakaran Hutan & Lahan (Karhutla) terutama di sekitar ini langkah PT Hutama Karya.

BACA JUGA:Kompor Gas Hanguskan Sawmill di Batanghari Leko, 24 Rumah Rata Dengan Tanah

BACA JUGA:Luar Biasa! Anak Tukang Bubur Asal Musi Banyuasin Dapat Beasiswa Kedokteran, Ini Sederet Prestasinya

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan bahwa salah satu upaya yang dilakukan untuk memitigasi kejadian tersebut yaitu dengan menambahkan alat-alat yang dapat membantu pemadaman serta melakukan pengawasan pada titik rawan api.

“Kami melakukan penambahan mobil tangki air yang dimodifikasi dengan mesin pompa pemadam kebakaran, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), posko pemantauan karhutla," jelasnya. 

"Pompa portable hingga alat pemukul api (gepyok api) untuk memitigasi agar api lebih cepat dikuasai dan dipadamkan saat terjadi karhutla sehingga pengguna jalan tetap dapat melewati jalan tol dengan jarak pandang aman untuk berkendara,” ujar Tjahjo.

Lebih lanjut Tjahjo menambahkan bahwa himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat juga telah dilakukan oleh Hutama Karya melalui spanduk, VMS (Variable Message Sign), Public Address di gerbang tol maupun rest area serta melakukan penyuluhan ke rumah-rumah warga pemilik kebun sekitar jalan tol.

BACA JUGA:Tutup Gebyar Maulid Nabi SAW, Asisten I Setda Muba Bagikan Hadiah Buat Pemenang

BACA JUGA:Solusi Dana Cepat Lewat Aplikasi Pinjol BRI, Cepat dan Mudah Limit Hingga Rp 25 Juta

Selain itu, Hutama Karya juga menggelar pelatihan dan simulasi tanggap darurat bahaya karhutla di Rest Area KM 163 Jalur A, Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka) pada Kamis (14/09).

Serta Rest Area Sementara KM 20, Tol Palembang - Indralaya (Palindra) pada Jum’at (29/09) dengan mendatangkan para ahli dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan BPBD Kabupaten 

Kegiatan ini diikuti sebanyak lebih dari 80 personil dari berbagai bidang diantaranya yakni petugas patroli, medis, operasional, petugas layanan tol dan petugas lainnya.

Kategori :