Manfaat Konsumsi Buah untuk Penderita Diabetes dan Menurunkan Berat Badan

Senin 16-09-2024,19:32 WIB
Reporter : Fiya
Editor : Reno

5. Jambu biji – Serat tinggi dan IG rendah, baik untuk kesehatan pencernaan dan gula darah.

BACA JUGA:Pebulu Tangkis Se-Kecamatan Babat Toman Perebutkan Tropi Pinago Cup 2024

Buah-buahan ini tidak hanya membantu mengelola gula darah, tetapi juga mendukung kesehatan jantung karena kaya akan antioksidan dan serat yang dapat menurunkan kolesterol.

Buah untuk Menurunkan Berat Badan

Buah dapat menjadi bagian dari diet yang ramah penurunan berat badan karena kandungan seratnya yang tinggi dan kalori yang rendah.

Serat membantu meningkatkan rasa kenyang, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Buah yang direkomendasikan untuk menurunkan berat badan meliputi:

1. Buah naga – Rendah kalori, tinggi serat, dan membantu mengelola gula darah.

2. Pir – Mengandung serat tinggi dan IG rendah, baik untuk menurunkan berat badan.

3. Kiwi – Kaya serat, vitamin C, dan memiliki IG sedang, menjadikannya pilihan yang sehat untuk diet.

4. Delima – Penuh antioksidan dan vitamin C, baik untuk menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan metabolik.

Meskipun buah-buahan umumnya baik untuk kesehatan, beberapa jenis buah memiliki indeks glikemik tinggi dan harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas, terutama oleh penderita diabetes atau mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Buah-buahan dengan IG tinggi, seperti semangka, nanas, dan mangga, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat.

BACA JUGA:Hadiri Resepsi di Tungkal Jaya, Hj. Lucianty Ajak Masyarakat Muba Gunakan Hak Pilih pada Pilkada November 2024

Buah-buahan menawarkan banyak manfaat kesehatan, baik untuk penderita diabetes maupun mereka yang ingin menurunkan berat badan.

Kunci untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah adalah mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai, memilih buah dengan IG rendah, dan menjaga keseimbangan asupan makanan.

Dengan mengintegrasikan buah-buahan yang kaya serat, rendah kalori, dan penuh nutrisi ke dalam diet harian, Anda bisa menjaga kesehatan tubuh, mengelola gula darah, dan mendukung penurunan berat badan secara alami.(*)

Kategori :