Makan Cepat vs Makan Lambat, Mana yang Lebih Sehat?

Kamis 19-09-2024,08:43 WIB
Reporter : Fiya
Editor : Reno

Makan cepat juga dapat memperlambat proses pencernaan. Ketika makanan tidak dikunyah dengan baik, lambung dan usus harus bekerja lebih keras untuk menguraikan makanan.

 Ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti kembung, perut kram, atau masalah pencernaan lainnya.

5. Tidak Puas dengan Makanan

Makan dengan cepat sering kali membuat seseorang tidak sepenuhnya menikmati rasa, tekstur, dan aroma makanan.

Akibatnya, hal ini dapat memperparah kebiasaan makan berlebih atau binge eating, di mana seseorang cenderung makan dalam jumlah besar untuk mendapatkan kepuasan yang sebenarnya tidak tercapai.

BACA JUGA:Bion Studios Akan Hadirkan 3 Judul Film, Berikut Penjelasannya

Sebaliknya, makan dengan perlahan dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Berikut adalah beberapa dampak positif dari makan lebih lambat:

1. Mengontrol Jumlah Kalori yang Dikonsumsi

Dengan makan perlahan, seseorang akan lebih mudah merasakan kapan tubuhnya mulai kenyang. Ini membantu mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dalam satu waktu, sehingga secara perlahan dapat membantu menjaga atau menurunkan berat badan.

2. Meningkatkan Kepuasan terhadap Makanan

Makan dengan perlahan memungkinkan Anda menikmati setiap suapan, mulai dari rasa hingga tekstur makanan. Ini dapat meningkatkan kepuasan makan sehingga membuat Anda merasa lebih puas dan mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

3. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Dengan mengunyah makanan lebih baik, tubuh memiliki lebih banyak waktu untuk memecah dan menyerap nutrisi penting dari makanan yang dikonsumsi. Proses pencernaan menjadi lebih efisien dan tubuh mendapatkan manfaat maksimal dari makanan yang dikonsumsi.

BACA JUGA:Kombinasi Makanan dan Minuman Ini Bisa Membuat Perut Buncit

4. Mengurangi Stres

Makan dengan perlahan dan penuh kesadaran, atau mindful eating, dapat membuat seseorang lebih tenang dan membantu mengurangi stres. Saat fokus pada makanan, Anda lebih mungkin menikmati momen makan sebagai waktu untuk relaksasi, yang berdampak positif pada kesehatan mental.

Kategori :