Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 Dioperasikan Kembali, Usai Penanganan Longsor

Rabu 25-09-2024,11:00 WIB
Reporter : Dodi
Editor : Dodi

HARIANMUBA.COM,- Tol Ciawi - Sukabumi Seksi 2 Dioperasikan Kembali, Usai Penanganan Longsor.

Penanganan longsor Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi II ruas Cigombong - Cibadak selesai diperbaiki.

Seperti diketahui longsor terjadi pada km 64+600 dan km 66+200 telah.

Setelah penanganan longsor sudah selesai, saat ini tol tersebut dioperasionalkan tanpa tarif pada Selasa, 24 September 2024. 

BACA JUGA:Inilah 6 Kuliner Khas Muba, Berbahan Dasar Ikan yang Sangat Menggugah Selera

BACA JUGA:Baznas Muba Gelar Keterampilan Perbengkelan Motor, Tingkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat

Sebelumnya, Kementerian PUPR menargetkan kepada Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol (TJT) agar penanganan longsoran secara permanen rampung sebelum akhir tahun.

Setelah kejadian longsor pada Jalan Tol Ciawi - Sukabumi Seksi II ruas Cigombong - Cibadak, jalan tol sempat ditutup selama penanganan permanen tersebut pada lokasi longsor.

Sehingga kendaraan yang melintas dari Sukabumi menuju Ciawi atau sebaliknya harus masuk/keluar melalui Gerbang Tol Cigombong kemudian perjalanan dilanjutkan kembali menggunakan jalan arteri.

"Kami telah menerima laporan mengenai penanganan longsor dari TJT, dan setelah dilakukan peninjauan lapangan oleh Ditjen Bina Marga dan BPJT serta telah diterbitkan rekomendasi dari Ditjen Bina Marga maka Ruas Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi II dapat mulai  dioperasikan tanpa tarif pada tanggal 24 September 2024," ujar Kepala BPJT, Miftachul Munir.

BACA JUGA:Normalkah Bayi Demam Setelah Imunisasi? Ini Cara Menanganinya di Rumah

BACA JUGA:Rahasia Buah Nanas dalam Menurunkan Kolesterol dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Penanganan pada titik lokasi longsor dilakukan beberapa pekerjaan, salah satunya dengan pekerjaan Soldier Pile, perbaikan lereng timbunan dipasang matras pengendali erosi dan Solid Sodding.

Sebagai informasi, Jalan Tol Ciawi - Sukabumi memiliki total panjang 54 km yang terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi - Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Selanjutnya Seksi 2 Cigombong – Cibadak sepanjang 11,90 km juga telah resmi beroperasi sejak Agustus 2023 lalu. Untuk Seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km saat ini sedang dalam konstruksi dengan progres 11,56?n Seksi 4 Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km yang saat ini sedang dalam tahap persiapan.

Kategori :