Faktor-faktor Kekalahan Timnas Indonesia dari China di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rabu 16-10-2024,06:51 WIB
Reporter : Fiya
Editor : Reno

HARIANMUBA.COM – Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 1-2 saat berhadapan dengan Timnas China dalam laga keempat Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa 15 Oktober 2024 malam WIB.

Meskipun sempat memberikan perlawanan sengit, gol Thom Haye di menit ke-87 tak mampu menyelamatkan Skuad Garuda dari kekalahan.

Dua gol China yang bersarang di gawang Maarten Paes tercipta pada babak pertama melalui Bakram Abduweli dan Yuning Zhang.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan kekalahan Timnas Indonesia dalam pertandingan tersebut:

BACA JUGA:STY Ungkap Penyebab Timnas Indonesia Kalah dari China

1. Keputusan Taktis Shin Tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong membuat keputusan taktis penting dengan melakukan empat perubahan di starting XI dibanding laga sebelumnya melawan Bahrain.

Salah satu keputusan yang cukup mengejutkan adalah mencoret Eliano Reijnders dari skuad, meskipun sang pemain tidak mengalami cedera.

Menurut manajer Timnas Indonesia, Sumardji, ini merupakan keputusan taktik dari Shin Tae-yong. Namun, beberapa perubahan yang diterapkan tidak berjalan sesuai harapan. 

Absennya Thom Haye di babak pertama membuat lini tengah Indonesia kehilangan keseimbangan, sehingga kesulitan mengatur ritme permainan.

Di sektor kiri, Shayne Pattynama juga kesulitan menghadapi tekanan dari serangan China, yang membuat Indonesia lebih banyak tertekan di babak pertama.

BACA JUGA:Perahu Ketek Yang Ditumpangi Bocor Sodik Tenggelam Disungai Musi, BPBD Muba Masih Terus Melakukan Pencarian

2. Kesalahan Individu dan Kelemahan Set Piece

Gol pertama China yang dicetak Bakram Abduweli seharusnya bisa dihindari. Kesalahan individu yang dilakukan Shayne Pattynama saat tidak segera membuang bola menyebabkan China mampu merebut bola dan memanfaatkan situasi tersebut.

Ini mengingatkan pada kesalahan serupa yang terjadi pada laga melawan Bahrain, di mana pemain Indonesia lengah dalam menghadapi situasi bola kedua dari set piece.

Kategori :