Presiden Jokowi Resmikan Tol Bayung Lencir Tempino, Bareng Dengan Tol Limapuluh - Kisaran

Rabu 16-10-2024,14:46 WIB
Reporter : Dodi
Editor : Dodi

Jalan tol ini ditunjang oleh berbagai fasilitas seperti 10 Overpass, 4 Underpass, dan masing-masing 2 (dua) Simpang Sebidang, Gerbang Tol, Interchange.

Hutama Karya mengambil peran untuk membangun Seksi 3 Bayung Lencir – Tempino sepanjang 15,47 km dengan melakukan Kerja Sama Operasi (KSO).

Bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Brantas Abipraya (Persero) atau “Hutama-WIKA-BAP KSO” dengan nilai kontrak Rp2,7 triliun.

BACA JUGA:STY Ungkap Penyebab Timnas Indonesia Kalah dari China

BACA JUGA:Pengguna Hp Galaxy Z Flip6, Ini 3 Ide Konten Unik yang Bisa Dibuat

Peran Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino juga diharapkan dapat memperlancar konektivitas antara provinsi Sumatra Selatan dan Jambi yang kemudian dapat menghemat waktu perjalanan, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah.

Sedangkan Jalan Tol Lima Puluh – Kisaran memiliki nilai investasi mencapai Rp4,2 triliun, dibangun dengan spesifikasi teknis yang modern.

Jalan tol ini terdiri dari dua jalur dengan lebar lajur 3,6 meter x 2 per jalur dan kecepatan rencana maksimum 100 kilometer per jam.

Selain itu, tol ini dilengkapi dengan satu Gerbang Tol (GT), dan satu Interchange (Simpang Susun) yang berfungsi untuk menghubungkan jalan tol ke ruas lainnya.

BACA JUGA:Lakulan Tips Ini, Bisa Mencegah Kelabang Masuk Rumah

BACA JUGA:Rasanya Enak dan Bikin Kenyang, Ini Cara Membuat Cemilan Dari Mie Instan

Tol ini juga dilengkapi dengan 9 Underpass dan 11 Overpass, yang memungkinkan akses transportasi lokal tanpa hambatan dari dan ke kawasan industri maupun pemukiman.

Kehadiran Jalan Tol Lima Puluh – Kisaran diharapkan dapat memperlancar konektivitas Sumatera Utara, khususnya antara Kisaran, Medan, dan Pematang Siantar, dengan waktu tempuh yang lebih efisien dan kemudahan mobilitas bagi masyarakat.

Selain mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei sebagai pusat pertumbuhan industri, tol ini juga berpotensi meningkatkan sektor pariwisata di wilayah Danau Toba dan Pematang Siantar dengan akses yang lebih cepat bagi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

“Ke depan, kami akan terus melanjutkan pembangunan ruas-ruas tol lainnya di Sumatera. Hutama Karya siap menjadi garda terdepan dalam mewujudkan visi besar Jalan Tol Trans Sumatera,” tutup Budi.

 

Kategori :