Kencur dan Segudang Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Kamis 24-10-2024,11:50 WIB
Reporter : Fiya
Editor : Reno

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Bagi orang yang mengalami penurunan nafsu makan, kencur bisa menjadi solusi alami. Kencur memiliki sifat perangsang nafsu makan yang dapat meningkatkan keinginan untuk makan.

Jamu beras kencur, misalnya, sering digunakan sebagai minuman tradisional untuk anak-anak atau orang dewasa yang mengalami penurunan nafsu makan.

BACA JUGA:Diduga Lakukan Penganiayaan Anak Dibawah Umur, IRT di Lubuk Linggau Diamankan

5. Melancarkan Pencernaan

Sifat karminatif dalam kencur membantu melancarkan pencernaan dan mencegah masalah perut seperti perut kembung, sembelit, serta gangguan pencernaan lainnya.

Mengonsumsi kencur secara rutin dapat membantu meredakan gas yang menumpuk dalam perut serta memperlancar proses pencernaan makanan. Kencur juga dikenal mampu meredakan gejala gastritis atau peradangan lambung.

6. Meningkatkan Kesehatan Paru-Paru

Selain membantu mengatasi batuk, kencur juga dapat memberikan manfaat langsung bagi kesehatan paru-paru. Kencur membantu membersihkan saluran udara di paru-paru, sehingga memperbaiki fungsi pernapasan dan mengurangi risiko penyakit pernapasan kronis seperti asma dan bronkitis.

Penggunaan kencur secara rutin dalam bentuk minuman atau ramuan herbal dapat membantu menjaga kebersihan paru-paru.

BACA JUGA:Wisata Telaga Sena Sungai Lilin Terus Mendapat Perhatian dari MNC Energy Invesment

7. Mengurangi Stres dan Kelelahan

Aroma kencur yang khas memiliki efek menenangkan, yang dapat membantu meredakan stres dan kelelahan mental.

Senyawa alami dalam kencur, seperti minyak atsiri, memberikan efek relaksasi pada sistem saraf. Minyak kencur yang dihirup atau digunakan untuk pijat juga dapat membantu menenangkan pikiran, mengurangi kecemasan, dan memperbaiki suasana hati.

8. Mengatasi Gangguan Tidur

Kencur juga dapat membantu mengatasi gangguan tidur seperti insomnia. Efek menenangkan yang dihasilkan dari konsumsi atau pemakaian minyak kencur dapat membantu tubuh lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

Kategori :