Langsung Minum Obat, Begini 10 Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Senin 28-10-2024,14:41 WIB
Reporter : Opan
Editor : Dodi

Cara menurunkan darah tinggi dengan bawang putih adalah mencampurkannya ke dalam bahan masakan. Bawang putih mengandung senyawa allicin yang mampu meredakan gejala hipertensi.

4. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Orang yang mengalami berat badan berlebih atau obesitas dapat meningkatkan tekanan darah pada pembuluh arteri. Akibatnya, kondisi ini bisa memicu gejala, seperti sakit kepala, sesak napas, pandangan kabur, dan tubuh mudah lelah.

BACA JUGA:Bayar UKT Bisa Lewat ATM BRI dan BRImo, Mahasiswa Bisa Nikmati Kelebihan dan Keuntungannya

BACA JUGA:Mendikdasmen Abdul Mu'ti Soroti Penggunaan Tunjangan Sertifikasi Guru untuk Kebutuhan Konsumtif

Langkah efektif untuk menjaga berat badan, mulai dari mengonsumsi makanan gizi seimbang hingga aktif melakukan latihan fisik. Selain itu, Anda juga perlu menghentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol untuk mencegah kelebihan berat badan.

5. Rajin Berolahraga

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan efektif salah satunya adalah rajin olahraga. Penderita hipertensi dapat menjalani olahraga berupa jalan santai, yoga, berenang, bersepeda, dan senam aerobik. Anda bisa melakukan aktivitas ini sebanyak 3-5 kali dalam 1 minggu.

Jika Anda sudah lama tidak berolahraga, sebaiknya lakukan aktivitas ini secara bertahap dan perlahan-lahan. Hal ini untuk mencegah risiko cedera dan tubuh semakin lelah.

BACA JUGA:Keunggulan dan Syarat Pengajuan KPR BRI, Bunga Kompetitif hingga Platform Berbagai Jenis Property

BACA JUGA:Kaya Antioksidan dan Nutrisi, Inilah Manfaat Daun Kenikir bagi Tubuh

6. Mengonsumsi Makanan yang Mengandung Kalium

Makanan yang mengandung kalium dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada tubuh. Zat ini berperan penting untuk membantu pembuluh darah dalam melawan kerusakan yang disebabkan oleh natrium.

Semakin banyak kalium yang dikonsumsi, makan semakin banyak juga air dan natrium yang dikeluarkan oleh tubuh. Hasilnya, gejala hipertensi dapat teratasi dengan baik.

Terdapat beberapa makanan yang banyak mengandung kalium, seperti pisang, ubi kentang, alpukat, dan kacang. Konsumsi jenis makanan ini secara rutin agar tekanan darah menjadi normal.

BACA JUGA:Polres Muba Ungkap Kronologis dan Motif Pembunuhan Amel Hingga Ditemukan Sudah Menjadi Tulang

Kategori :