Penyakit Mirip PMK di C1 Sungai Lilin Makin Menjadi, Sejumlah Pedet Mati

Penyakit Mirip PMK di C1 Sungai Lilin Makin Menjadi, Sejumlah Pedet Mati

Suasana sosialisasi mengatasi penyakit PMK kepada peternak di Desa Cinta Damai --

SUNGAI LILIN - Kondisi penyakit mirip PMK yang saat ini menyerang sapi warga Desa Cinta Damai Kecamatan Sungai Lilin makin menjadi. Bahkan sejumlah pedet (anak sapi-red) mati oleh penyakit ini.

"Kondisi serangan penyakit diwilayah kami makin menjadi mas, hampir 90 persen ternak yang ada dibawah SPR Maju Bersama kondisinya sudah terjangkit," jelas Ketua SPR Maju Bersama Wagiman saat ditemui usai kegiatan sosialisasi penanggulangan PMK kemarin.
 
Dijelaskan Wagiman kondisi saat ini sudah ada 1 indukan dan 9 pedet yang mati oleh penyakit tersebut. Ia mengungkapkan berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatasi agar ternak yang terjangkit bisa disembuhkan.
 
"Kondisi sekarang ini tidak memikirkan vaksin, namun bagaimana menyelamatkan ternak yang sudah terjangkit bisa sembuh. Apalagi jumlah yang mati khususnya pedet sudah banyak," jelasnya.
 
Wagiman mengungkapkan selain kegiatan sosialisasi juga dilaksanakan gotong royong desifektan kandang sapi. Hal ini untuk menjaga kebersihan kandang tersebut.
 
Sementara itu Camat Sungai Lilin Agus Kurniawan Saputra SIP Msi melalui Kasi Pemerintahan Muhammad Hatta yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk terus berusaha agar ternak mereka bisa sembuh.
 
"Mudah-mudahan saja penyakit ini bisa segera hilang dari ternak sehingga kembali normal seperti sebelumnya," tutup Hatta. (deo)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: