Desa Danau Cala Gelar Lelang Lebak Lebung, Warga Bersaing Jadi Pengemin

Desa Danau Cala Gelar Lelang Lebak Lebung, Warga Bersaing Jadi Pengemin

Suasana lelang lebak lebung desa danau cala--

LAIS,HARIANMUBA.COM - Pemerintah Desa Danau Cala Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sukses melaksanakan Lelang Lebak Lebung dan Sungai yang di gelar Balai Desa Danau Cala.

Dalam pelaksanaanya, para pengemin saling bersaing harga untuk mendapatkan sungai lelang yang mereka harapkan. 

Namun demikian, mereka tetap sportif dan tidak menimbulkan kegaduhan sehingga kegiatan berlangsung dengan aman dan damai.

Turut hadir, Camat Lais diwakili Sekcam Lais Marsofi SKM MM, Kapolsek Lais Iptu Hendra Sutisna, Kasi PPDK Kecamatan Lais Luspitasari SE MM, BPD Danau Cala, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan para pemgemin.

BACA JUGA:Pasang Traffic Blok, Atasi Macet Pasar Randik

Kepala Desa Danau Cala Yos Sudarso SKom dalam kesempatan itu menjelaskan, lebak lebung dan sungai yang dilelang untuk tahun 2023 sebanyak 31 objek.

"Dari 31 objek lelang, sebanyak 4 objek lelang yakni Lebung Tegaron, Sungai Ulu Tangai, Tanjung Perak, Sungai Kenol, Lebung Danau Kawan, Lebung Bujuk, kembali ke panitia karena tidak ada peminatnya," katanya

Kapolsek Lais Iptu Hendra Sutisna berharap, agar pelaksanaan lelang lebak lebung di desa dalam kecamatan Lais berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

"Harapan agar sungai di lelang bisa meningkat perekonomian di Desa Danau Cala terutama bagi pengemin,"jelasnya.

BACA JUGA:Pemkab Muba Raih Penghargaan Sebagai Top Inovasi dan Top Inovator Pelayanan Administrasi Kependudukan

Sementara, Kepala Dinas PMD diwakili Ridwan SE selaku penggerak swadaya masyarakat Ahli Madya Dinas PMD Muba mengatakan, pelaksanaan lelang lebak lebung berdasarkan peraturan bupati nomor 72 tahun 2022 tentang tata cara pelaksanaan lelang lebak lebung di desa atau kelurahan dalam Kabupaten Muba. 

"Diantaranya menyebutkan bahwa hasil lelang 100 persen di stor ke kas desa/kelurahan masing-masing,"ungkapnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: