Nikmatnya 7 Makanan Khas Kabupaten Pali Ini

Nikmatnya 7 Makanan Khas Kabupaten Pali Ini

Segarurung adalah makanan berbahan dasar ikan yang sangat menggugah selera dan menjadi makanan khas Talang Ubi, Kabupaten PALI yang cukup populer dan banyak dibawa untuk oleh-oleh.--Net--

Setiap porsi Pede ikan patin dijual dengan harga Rp10 ribu/porsinya dan setiap porsi, biasanya berisi satu iris ikan pede.

5. Dodol Biji Karet

Dodol biji karet merupakan makanan khas Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir hasil inovasi dari ibu-ibu pencari getah karet.

Memang beberapa dari Anda masih asing dan susah membayangkan bagaimana rasanya.

Namun, dijamin makanan ini akan membuat lidah Anda tak berhenti mengecap.

Awalnya, biji karet dianggap sebagai limbang yang tidak berguna namun karena kreativitas ibu-ibu di daerah Jerambah Besi ini, kini biji karet memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Proses pembuatannya adalah biji karet yang masih mentah diolah pada tahap pertama untuk menghilangkan racun-racun di dalamnya.

Proses penghilangan racun ini dengan cara direbus dan direndam selama 3 hari. Setelah kandungan racun dalam biji karet sudah hilang, biji karet sudah siap diolah menjadi dodol yang enak, kenyal dan lembut.

Menariknya lagi, dodol biji karet sudah mengantongi izin dari Dinas Kesehatan setempat dan BPOM, loh.

Bagaimana, tertarik bukan untuk mencobanya?

6. Dodol Nanas

Melimpahnya buah nanas yang tumbuh di daerah Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir membuat masyarakat berinisiatif membuat jajanan yang sarat akan gizi salah satunya adalah dodol nanas.

Dodol nanas saat ini masih dalam proses penetapan sebagai makanan khas Penukal Abab Lematang Ilir dan buah tangan khas daerah tersebut.

Oleh sebab itu, para pelaku UKM dan dinas terkait masih berusaha mewujudkan langkah ini.

Meskipun dodol nanas telah sering dijumpai, tentunya dodol nanas dari Penukal Abab Lematang Ilir ini memiliki ciri khas tersendiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: