Sederet Fakta Tol Bengkulu - Taba, Sempat Diragukan Kini Siap Beroperasi

Sederet Fakta Tol Bengkulu - Taba, Sempat Diragukan Kini Siap Beroperasi

Ruas tol Bengkulu Taba sumber : sumeks.co--

 

-Pembangunan Tercepat

 

Deputi Bidang Koordinasi Infrasturktur dan Transportasi Kemenkomarves, Ayodhia G L Kalake mengapresiasi atas capaian Provinsi Bengkulu. Menurutnya, pengerjaan tol Bengkulu menjadi salah satu yang tercepat dalam pengerjaan tol provinsi di Indonesia.

 

“Ini merupakan prestasi pembangun tol tercepat di Indonesia. Kami berharap ini bisa meng-generate serta menggenjot ekonomi daerah setempat. Kita bisa berharap banyak pada potensi lokal bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Ini yang menjadi harapan kita semua,” ujar Ayodhia, September 2021 lalu.

BACA JUGA:Salah Satu Rest Area Tol Trans Sumatera di Wilayah Muba Akan Berada di Desa Ini

 

Jalan Tol Taba Penanjung–Bengkulu memiliki main road yang terbentang sepanjang 17,6 km, dan merupakan bagian dari Tol Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu yang total panjangnya mencapai 96 km. Seksi Tol Taba Penanjung–Bengkulu ini mulai dibangun pada September 2019 lalu. Selesai 100 persen pada akhir 2021.

 

Tol ini menjadi tol pertama di Bengkulu dan terbagi menjadi tiga seksi, yaitu Lubuk Linggau - Kepahiang (54,5 km), Kepahiang - Taba Penanjung (22 km), dan Taba Penanjung - Bengkulu (17,6 km). Tol ini akan memiliki 2 Simpang Susun (SS), yaitu SS Taba Penanjung dan SS Kepahiang.

 

Jalan tol ini memiliki 2 gerbang tol, 2 simpang susun/junction, 21 jembatan, dan direncanakan memiliki 1 rest area. Adapun kecepatan rencana pada jalan tol ini adalah 80 km/jam.

 

-Habiskan Biaya Rp33,12 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: