Sederet Fakta Tol Bengkulu - Taba, Sempat Diragukan Kini Siap Beroperasi

Sederet Fakta Tol Bengkulu - Taba, Sempat Diragukan Kini Siap Beroperasi

Ruas tol Bengkulu Taba sumber : sumeks.co--

 

Tol ini memakan biaya Rp33,12 triliun yang bersumber dari Penyertaan Modal Negara (PMN) dan pinjaman perbankan, pasalnya LHR-nya (lalu lintas harian rata-ratanya) masih kecil. 

BACA JUGA:Catat Tanggalnya! Beroperasi Tanggal 12 Januari 2023, Segini Rincian Tarif Tol Bengkulu - Taba

 

-Masuk ruas prioritas Trans Sumatera

 

Meski secara finansial kurang menarik, Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu merupakan ruas prioritas Trans-Sumatera yang ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Pemerintah berharap jalan tol ini mampu meningkatkan potensi ekonomi, distribusi, memperkuat konektivitas dan mendukung pengembangan ekonomi Bengkulu.

 

-Dugaan Korupsi Pembebasan Lahan

 

Kejati Bengkulu masih melakukan penyelidikan kasus dugaan korupsi proyek tol Bengkulu-Taba Penanjung. Kejati Bengkulu menyebutkan bahwa perkiraan kerugian kasus pembebasan lahan tol Bengkulu-Taba Penanjung pada 2019-2020 mencapai Rp13 miliar. Kasus ini masih bergulir, belum ada penetapan tersangka.

 

-Sempat Dibuka Untuk Mudik Lebaran dan Libur Nataru

 

Ruas Tol Bengkulu-Taba Penanjung sudah selesai pembangunannya pada akhir 2021. Pada musim mudik lebaran 2022 lalu, Tol Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer dibuka gratis pada 26 April 2022 hingga 5 Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: