Kota Sekayu Disebut Juga kota randik. Apa itu Randik

Kota Sekayu  Disebut Juga kota randik. Apa itu  Randik

Tugu Sekayu berada di pusat kota. foto : Dok HMB--

HARIANMUBA.COM,- Daerah Kabupaten Musi Banyuasin disebut dengan “ Bumi Serasan Sekate “ yang  mana ‘serasan’ artinya sepakat dan ‘sekate’ artinya satu kata. Untuk menciptakan serasan sekate diutamakan musyawarah mufakat yang memang sudah menjadi tradisi nenek moyang   sejak zaman dahulu. 

Ibukota Kabupaten Musi Banyuasin ini adalah Kota Sekayu. Nah kota Sekayu kerap juga disebut Kota Randik. Apa itu Randik ? 

RANDIK adalah singkatan dari kata :

R = RAPI

A = AMAN

N = NYAMAN

D = DAMAI

I  = INDAH

K = KENANGAN

BACA JUGA:Buah Carica Asli Wonosoba, Ternyata Kaya Manfaat. Apa Itu

BACA JUGA:Menteri Inggris Ini Datangi Masjid Al-Agsa, untuk Sholat

Jadi, kota sekayu diharapkan menjadi kota yang teratur rapi, kota yang aman, damai dan nyaman. Kota yang indah,  sehingga menjadi kenangan bagi tamu-tamu yang dating ke sekayu. Dalam bahasa daerah, randik berarti seorang gadis yang cantik yang selalu berhias, berdandan  dan bersolek diri.

Begitulah juga kota Sekayu yang selalu berbenah diri, jalam-jalan berhias lampu jalan bergemerlapan di malam hari, jalan jalan dan kampong bersih sehingga tidak heran bilamana kota sekayu mendapat penghargaan ADIPURA dari Presiden Republik Indonesia. Sudah lebih dari 7 kali  mendapat penghargaan sebagai kota kecil yang bersih.

Sepanjang jalan mulai masuk daerah Kabupaten Musi Banyuasin sudah dipasang lampu jalan sehingga daerah Ini semakin terang dan bersemarak. Lalu lintas semakin lancer karena jalan-jalan dan jembatan sudah ada diterangi lampu jalan. Ada pembangunan yang sudah selesai, ada yang sedang dikerjakan dan ada pula yang sudah direncanakan sesuai dengan anggaran yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: