Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat Prediksi Korbanjiwa Gempa Turki Capai 10 Ribu Orang

Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat Prediksi Korbanjiwa Gempa Turki Capai 10 Ribu Orang

Gempa Turki--Detik.com

ANKARA, HARIANMUBA.COM-Lembaga Survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS) mengeluarkan pernyataan mengejutkan menenai prediksi jumlah korban jiwa pada bencana gempa bumi yamg terjadi di Turki.

 

Dalam rilisnya USGS memprediksi korban tewas akibat gempa magnitudo 7,7 di Turki hingga Suriah pada Senin (6/2) bisa mencapai 10 ribu orang, hal ini seiring terus bertambahnya korban tewas yang dan terperangkap di bawah reruntuhan bangunan.

 

Diberitakan CNN, USGS mencatat 47 persen peluang korban meninggal dunia tembus antara 100 dan 1.000 jiwa. Sementara 20 persennya lagi bisa menjangkau antara 10 ribu dan 100 ribu.

 

Prediksi ini diambil dari pemodelan berdasarkan sejarah gempa bumi di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Ekonomi Sumsel Tumbuh Signifikan di Tahun 2022, Capai Pertumbuhan hingga 5,23 Persen

Perkiraan juga ditentukan dari pertimbangan populasi yang terkena guncangan terberat dan kerentanan struktur di zona yang paling terdampak.

 

"Jumlah korban yang tinggi dan kerusakan hebat kemungkinan besar terjadi dan bencana itu kemungkinan besar meluas," bunyi laporan USGS.

 

"Populasi di wilayah ini tinggal di struktur yang sangat rentan terhadap guncangan gempa, meski ada beberapa struktur yang mampu bertahan."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: