Ratusan Siswa-siswi SMP Negeri 2 Sanga Desa Antusias Belajar Pengurusan Jenazah

Ratusan Siswa-siswi SMP Negeri 2 Sanga Desa Antusias Belajar Pengurusan Jenazah

Praktik pengurusan jenazah--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM - Suasana berbeda menghiasi SMP Negeri 2 Sanga Desa Selasa (4/4/2023). Dimana para siswa yang biasanya belajar di kelas, malah terlihat berkumpul di lapangan menyaksikan seorang ustadz memandikan sesosok jenazah yang ditidurkan di atas sebuah meja.

 

Jenazah tersebut rupanya bukanlah jenazah betulan, melainkan sebuah patung manekin yang digunakan dalam praktik pengurusan jenazah.

 

Kegiatan praktik pengurusan jenazah tersebut dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan yamg rutin dilakukan oleh SMP Negeri 2 Sanga Desa setiap tahunnya.

 

Pantauan wartawan koran ini, usai melakukan praktik memandikan jenazah, siswa dan sisiwi SMP Negeri 2 Sanga Desa kemudian melanjutkan kegiatan dengan praktik mengkafani hingga mensholatkan jenazah.

BACA JUGA:Selai dan Dodol dari Kelapa Sawit Khas Muba Bakal Booming Jadi Kudapan Primadona

Ustadz Ismet SHI MPd yang memimpin kegiatan praktik pengurusan jenazah berharap melalui kegiatan Pesantren Ramadhan ini, para siswa bisa menambah ilmu dan wawasan mereka mengenai ilmu agama khususnya fiqh pengurusan jenazah.

 

"Melalui Pesantren Ramadhan di SMP N 2 Sanga Desa diharapkan seluruh siswa bisa memahami materi khususnya tentang pengurusan jenazah mulai dari memandikan, mengkafani, menshalatkan, dan menguburkan. Materi ini tentu sangat penting karena setiap manusia pasti mati dan kita harus mempersiapkannya dengan bekal yang baik yaitu dengan shalat dan perilaku yang baik di dunia ini. Harapannya siswa dapat menerapkan ilmu yang mereka dapat ini di kehidupan bermasyarakat nanti," ujar Ismet.

 

Ditempat yang sama Kepala SMP Negeri 2 Sanga Desa Muhamad Husyaini SPd MSi didampingi Guru PAI sekaligus Kepala Laboratorium PAI SMP Negeri 2 Sanga Desa Magdalena SAg menuturkan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan merupakan agenda rutin yang termasuk dalam program kerja Laboratorium Pendidikan Agama Islam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: