Herman Deru : Orasi Ilmiah Prof Dr. Ir. H. Achmad Syarifudin, M.Sc Dapat Menjadi Navigasi Pengolaan Sistem

Herman Deru :  Orasi Ilmiah  Prof Dr. Ir. H. Achmad Syarifudin, M.Sc  Dapat  Menjadi Navigasi Pengolaan Sistem

--

PALEMBANG- Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru menyaksikan pengukuhan Guru Besar Universitas Bina Darma Prof. Dr. Ir.H. Achmad Syarifudin, M.Sc Sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Sipil dan lingkungan, bertempat di Ballroom Grabd Atyasa, Kamis (25/5).

Dalam kesempatan ini Gubernur  Sumsel H. Herman Deru memuji Prof. Dr. Ir.H. Achmad Syarifudin, M.Sc yang dalam orasi ilmiahnya memuat tentang pengelolaan sistem drainase perkotaan dan bencana hidrometorologi. 

Menurutnya, selama ini dirinya  kerap kali melakukan penataan air  setelah menjadi masalah, bukan sebaliknya  melakukan perencanaan tata kelola drainase air  baru dimukimin oleh   penduduk.

BACA JUGA:Koramil 401-01 Sungai Lilin Gelar Senam Bersama Sekaligus Halal Bihalal, Diikuti Oleh Forkopimcam 3 Kecamatan 

“Kalau kita bicara banjir di perkotaan, penyebanya selalu saja alam yang disalahkan, padahal manusia paling berkontribusi,” tuturnya. 

Herman Deru menganggap orasi ilmiah  Prof Dr. Ir. H. Achmad Syarifudin, M.Sc banyak memberikan masukan dan inspirasi bagi dirinya  selaku pemimpin daerah. Terutama terkait dengan   navigasi  berkaitan dengan pengolaan sistem drainase di daerah.

BACA JUGA:Perampokan Disertai Pembunuhan di Pulau Rimau Banyuasin Ternyata Sudah 3 Kali Terjadi, Berikut Rangkaiannya 

“Saya tadi simak betul-betul orasi ilmiahnya Prof Dr. Ir. H. Achmad Syarifudin, M.Sc, Saya tertarik karena dibedah secara rinci, baik faktor manusia maupun faktor alam, dan ini akan menjadi navigasi kami sebagai pemerintah untuk menselaraskan program dengan OPD terkait,” tambahnya.

Herman Deru memberikan pesan untuk Prof Dr. Ir. H. Achmad Syarifudin, M.Sc untuk terus mendedikasikan ulmunya dalam mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) Sumsel yang unggul diberbagai bidang.

BACA JUGA:Bukan Kota Sekayu, Inilah 5 Kecamatan dengan Jumlah Penduduk Terpadat di Kabupaten Musi Banyuasin

“Satu pesan saya sebagai gubernur, jadilah profesor yang berguna bagi  banyak orang. Sebagai seorang adik, saya juga menyampaikan pesan jaga selalu kesehatan, karena di atas perolehan ini semua, kesehatan lebih penting,” tandasnya. 

Sementara Prof. Dr. Ir.H. Achmad Syarifudin, M.Sc dalam paparan orasi ilmiahnya mengatakan, bencana alam  di Indonesia meningkat dengan pesat dari tahun 2000-2022, dan bencana hidrometeorologi yang disebabkan oleh perubahan iklim seperti laporan banjir lebih dari 70% bencana terjadi di Indonesia. 

BACA JUGA:Astaghfirullah! Disembunyikan Dalam Al Quran, Pasutri Gagal Selundupkan Sabu ke Dalam Lapas

Menurutnya, Pertumbuhan cepat yang tidak dikelola dan direncanakan dengan baik di daerah perkotaan akan menciptakan ancaman yang menghambat pencapaian pembangunan yang ada. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: