Ratusan Perangkat Desa di Kecamatan Sanga Desa Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Ratusan Perangkat Desa di Kecamatan Sanga Desa Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Pelatihan Perangkat Desa--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM - Ratusan Perangkat Desa dalam wilayah Kecamatan Sanga Desa, Selasa (30/5/2023) ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

 

Pantauan wartawan koran ini sedikitnya ada 8 desa yakni Desa Keban 1, Keban 2, Air Itam, Tanjung Raya, Kemang, Terusan, Ngulak II, dan Ngulak III yang melaksanakan pelatihan selama tiga hari mulai tanggal 29 - 31 Mei 2023.

 

Peserta pelatihan yang terdiri dari anggota BPD, Perangkat Desa, Kepala Dusun tampak antusias mengikuti pelatihan yang diberikan oleh beberapa pemateri baik dari Dinas PMD, Kecamatan,  hingga Kejaksaan.

 

Beberapa materi yang di sampaikan terkait Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa,Strategi Perencanaan Pembangunan Desa, Implementasi Pengelolaan Keuangan Desa dan Pembayaran Non Tunai yang di sampaikan pemateri dari DPMD.

 BACA JUGA:Mantan Kades di Muba Diamankan Polisi, Bakar Lahan Untuk Persiapan Menanam Cabe

Selanjutnya, materi tentang Pedoman Pembentukan dan Mekanisme Penyusunan Peraturan Desa, Potensi Penyalahgunaan Dana Desa dan Mitigasi Resiko Korupsi dengan pemateri dari kejaksaan negeri Musi Banyuasin.

 

Kepala Desa Nganti Budiarto ketika dibincangi disela acara pelatihan menyampaikan agar para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan pelatihan dengan baik.

 

"Agar nantinya apa saja yang di sampaikan oleh tutor dapat di serap dan dipahami serta diaplikasikan pada sistem pemerintahan desa dan masyarakat Desa Nganti khususnya," ujar Kades.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: