Tinjau Sumur Minyak Tradisional di Keban 1, Dirjen Migas ESDM: Kita Cari Solusi Terbaik

Tinjau Sumur Minyak Tradisional di Keban 1, Dirjen Migas ESDM: Kita Cari Solusi Terbaik

Kunjungan Dirjen Migas Kementerian Esdm ke Keban 1--

SANGA DESA, HARIANMUBA.COM - Kementerian ESDM diwakili Dirjen Migas Prof Dr Tutuka Ariaji bersama SKK Migas diwakili Deputi Eksplorasi Wahyu Wibowo, Senin (12/6/2023) melakukan tinjauan ke lokasi sumur minyak tradisional milik masyarakat di Desa Keban 1 Kecamatan Sanga Desa yang mengalami kebakaran. 

 

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka melihat langsung kondisi terkini sumur yang terbakar, guna melakukan tindakan pemadaman sekaligus mencari solusi jangka panjang terkait pengelolaan sumur minyak tradisional milik masyarakat. 

 

Dirjen Migas Prof Dr Tutuka Ariaji menerangkan, dari hasil tinjauan yang mereka lakukan pemadaman api pada sumur yang terbakar di Dusun V Desa Keban 1 Kecamatan Sanga Desa tidak bisa lagi dilakukan secara manual oleh masyarakat. 

 

"Dari kondisi semburan api yang kami lihat itu tidak bisa lagi dipadamkan dengan cara biasa saja seperti ditutup dari atas. Semburan gas harus diputus dengan injeksi material dari samping baik itu menggunakan air ataupun foam (busa sabun) . Namun, hal itu harus melalui perhitungan yang spesifik, masyarakat juga dihimbau agar tidak mendekati lokasi demi alasan keamanan," ungkapnya.

BACA JUGA:Perempuan Berkerudung Merah Ditemukan Meninggal, Disemak-semak Ada Luka Tusukan

Tutuka Ariaji juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini sudah memiliki semacam konsep terkait solusi komprehensif pengelolaan sumur minyak oleh masyarakat. 

 

"Kami juga ingin mendengar langsung seberapa besar pengaruh pengelolaan sumur minyak ini terhadap perekonomian masyarakat setempat. Sebenarnya kami sudah ada konsep, namun perlu dibahas dengan kementerian-kementerian terkait, serta pemerintah daerah, agar solusi tersebut benar-benar yang terbaik," katanya.

 

Ditempat yang sama Deputi Eksplorasi SKK Migas Wahyu Wibowo menuturkan perlu pengelolaan dan penanganan yang baik dalam pengelolaan sumur minyak di Desa Keban 1.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: