BRIN Dukung Nikuba Agar Diuji Secara Ilmiah

BRIN Dukung Nikuba Agar Diuji Secara Ilmiah

Nikuba yang didorong BRIN agar diuji secara Ilmiah--

"Terkait nikuba yang merupakan produk penelitian/inovasi masyarakat, BRIN dapat memfasilitasi masyarakat yang memiliki ide inovasi karena BRIN berkomitmen untuk mendorong inventor atau inovator untuk bisa membuktikan secara ilmiah agar bisa diterima oleh komunitas," terangnya.

Untuk menguji lanjut Haznan setidaknya ada tujuh tahapan yang perlu dilakukan. 

BACA JUGA:Tidak Tebang Pilih, 5 Anggota Polisi di Lubuk Linggau Ikut Terjaring Operasi Patuh Musi 2023, Ini Kesalahannya

BACA JUGA:Aspal Di Atas Jembatan Muara Rawas Desa Terusan Mulai Rusak, Warga Berharap di Perbaiki

Tahapan itu dimulai dengan Idea Generation (Idea formulation), Idea Evaluation (Screening), Concept Testing (pengujian konsep), Product Development (pengembangan produk), Testing and Execution (pengujian dan eksekusi).

Selanjutnya Post Development (Commercialization, Market Introduction), pengembangan lanjut (komersialisasi dan penetrasi pasar), hingga Support and Maintenance (pendukung dan perawatan).

"Tahapan testing atau uji ini sangat penting untuk validasi dari konsep atau klaim temuan baru. Dengan hasil uji, investor dapat mengetahui performa hasil risetnya, bisa membuktikan secara ilmiah serta dapat melakukan improvement/perbaikan yang terus menerus, sedangkan bagi investor dan komunitas dapat menerima produk baru dengan lebih yakin dan terjamin," kata pria peraih gelar doktor dari Korea University of Science and Technology tersebut.

BRIN sendiri, lanjut Haznan, memiliki fasilitas uji motor propulsi di Laboratorium Teknologi Termodinamika Motor dan Propulsi (LT2MP) yang berpengalaman menguji emisi, torsi, konsumsi bahan bakar, dan lainnya, serta berpengalaman dalam melakukan pengecekan kondisi engine sebelum dan setelah uji bahan bakar. 

BACA JUGA:Jelang Beroperasi, Ruas Tol Binjai Pangkalan Brandan Jalani Uji Laik Fungsi

BACA JUGA:Polsek Tungkal Jaya Amankan 'Tukang Polot' Sumur Bor Ilegall, Lokasinya Ada di Desa Ini

Fasilitas ini bisa dimanfaatkan inventor/Inovator untuk membuktikan temuannya secara ilmiah sehingga dapat diterima oleh investor dan komunitas.

Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga, Masyarakat, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Dadan Nugraha mengungkapkan, pihaknya sangat  menghargai, mengapresiasi dan bahkan mendorong munculnya inovasi-inovasi dari kalangan masyarakat luas, termasuk temuan Nikuba. 

"Tentunya, agar temuan tersebut dapat diterapkan dan dimanfaatkan secara luas, maka perlu divalidasi sesuai kaidah ilmiah (saintifikasi), didaftarkan untuk mendapatkan perlindungan Kekayaan Intelektual (KI), serta disempurnakan dan dilakukan sertifikasi sesuai ketentuan yang berlaku," ucapnya.

Dijelaskan Dadan, BRIN sendiri memfasilitasi inovasi yang berasal dari masyarakat melalui skema Fasilitasi Inovasi Akar Rumput (FIAR). 

BACA JUGA:Jelang Beroperasi, Ruas Tol Binjai Pangkalan Brandan Jalani Uji Laik Fungsi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: