Ini Pulau di Indonesia Dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Indonesia, Capai Angka 6,6 Persen

Ini Pulau di Indonesia Dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Indonesia, Capai Angka 6,6 Persen

Ilustrasi--

HARIANMUBA.COM,- Ini Pulau di Indonesia Dengan Pertumbuhan Ekonomi Tertinggi di Indonesia, Capai Angka 6,6 Persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) hampir sepekan yang lalu sudah merilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II tahun 2023.

Dalam rilis data yang sudah disampaikan oleh BPS tersebut juga dibuat pertumbuhan ekonomi seluruh kepulauan yang ada di Indonesia.

Dimana dari seluruh kepulauan di Indonesia pulau yang satu ini mengalami pertumbuhan ekonomi tertingi mencapai 6,6 persen.

BACA JUGA:Sudah Mulai Dibangun, Tol Betung - Jambi Sebagian Besar Melewati Areal Perkebunan Sawit

BACA JUGA:Jalan Tol Lingkar Pekanbaru, Menghubungkan 3 Ruas Tol, Bakal Segera Dibangun

Seperti diungkapkan Deputi Bidang Neraca dan Analis Statistik BPS, Moh Edy Mahmud dalam konferensi persnya di Jakarta, Senin 7 Agustus 2023 lalu kepulauan tersebut adalau pulau Sulawesi.

"Ekonomi Indonesia triwulan II-2023 dibanding triwulan II-2022 terlihat meningkat pada semua kelompok pulau, dimana kelompok Pulau Sulawesi mencatat pertumbuhan (y-on-y) tertinggi sebesar 6,64 persen," jelasnya.

Jika dipaparkan lebih rinci pertumbuhan ekonomi di wilayah Pulau Sulawesi tertinggi berada di Sulawesi Tengah dengan pertumbuhan 2,54 persen. 

Kemudian oleh Sulawesi Selatan 2,28 persen, Sulawesi Utara 0,76 persen, Sulawesi Tenggara 0,62 persen, Sulawesi Barat 0,28 persen, dan Gorontalo 0,16 persen.

BACA JUGA:Jarak Tempuh Medan Kisaran Makin Dekat, Setelah Tol Indrapura Kisaran Selesai Akhir Tahun Ini

BACA JUGA:Seluruh Ruas Tol Cisamdawu Sejak 14 Agustus 2023 Mulai Bertarif, Termasuk Yang Baru Diresmikan Presiden Jokowi

Sementara, sumber pertumbuhan utama pada wilayah Pulau Sulawesi adalah industri pengolahan, pertambangan dan penggalian, serta pertanian, kehutanan, dan perikanan

Berada dibawah Pulau Sulawesi ada Pulau Maluku dan Papua yang dengan pertumbuhan 6,35 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: