Musim Kemarau, Buah Durian Diprediksi Tak Maksimal

Musim Kemarau, Buah Durian Diprediksi Tak Maksimal

Batang durian di Kecamatan Sanga Desa--

HARIANMUBA.COM,- Musim Kemarau, Buah Durian Diprediksi Tak Maksimal.

Pohon Durian di wilayah Kecamatan Sanga Desa saat ini sudah mulai berbunga kembali. 

Namun, produksi Buah Durian di Kecamatan penghasil Durian terbanyak kedua di Kabupaten Musi Banyuasin ini diperkirakan tidak akan maksimal.

Hal itu dikarenakan saat ini sedang musim kemarau yang terjadi cukup panjang.

BACA JUGA:Desa Cinta Damai Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemdes, Tematik Penguatan Kelembagaan Posyandu

BACA JUGA:Pembangunan Tol Padang Sicincin Capai 39 Persen, Ada Fly Over Khusus Kereta Api

Sehingga bunga dari Pohon Durian yang penyerbukannya bergantung pada angin dan hujan diprediksi tidak akan banyak yang berubah jadi buah akibat curah hujan yang rendah.

Pantauan di lapangan Selasa 17 Oktober 2023, bunga dari Pohon Durian milik masyarakat banyak yang rontok sebelum menjadi buah.

“Ya, kalau tidak turun hujan selama seminggu lagi, bisa dipastikan bunga Durian yang ada saat ini bakal rontok dan tidak akan jadi buah. Paling hanya sedikit saja yang bertahan dan jadi buah, itupun belum tentu bisa sampai panen karena masih harus berebut dengan hama Tupai,” ungkap Juani (60) pemilik Kebun Durian, warga Kelurahan Ngulak 1.

Ia pun mengaku tidak berharap banyak pada hasil panen Buah Durian tahun ini. Hal itu menurutnya dikarenakan kondisi cuaca yang sedang kemarau.

BACA JUGA:Kebakaran Lahan Terjadi di Srigunung, Bocorkan Pipa Jargas, Ini Dugaan Penyebabnya

BACA JUGA:Honda CRF 150 Satu Motor Dua Keunggulan, Tangguh di Medan Off Road Nyaman di Jalan Raya

“Memang tidak terlalu berharap, karena sudah tahu kondisi sedang kemarau. Pengalaman sejak dulu kalau Pohon Durian berbunga saat kemarau, itu hasil panennya tidak akan maksimal,” ujarnya.

Terpisah, Nardin (55) pemilik Kebun Durian lainnya warga Desa Terusan berharap hujan segera turun agar Pohon Durian milik masyarakat bisa berbuah lebat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: