Terus Diguyur Hujan, Debit Air Sungai Musi Mulai Naik

Terus Diguyur Hujan, Debit Air Sungai Musi Mulai Naik

Air di Sungai Musi mulai naik usai diguyur hujan bagian hulu--

HARIANMUBA.COM,- Terus Diguyur Hujan, Debit Air Sungai Musi Mulai Naik

Hujan yang menguyur sebagian besar wilayah hulu Sungai Musi dengan intensitas cukup deras dalam rentang waktu tiga hari terakhir ternyata berdampak pada naiknya debit air sungai yang ada. 

Terpantau Sabtu 4 November 2023 akibat beberapa kali turunnya hujan tersebut menyebabkan volume air Sungai Musi menjadi naik sekitar 2 meter dari kondisi semula. 

Kenaikan air yang begitu cepat juga berdampak pada kualitas air yang menjadi sedikit keruh karena membawa material lumpur, pada permukaan air sungai juga terlihat dihiasi rempan (ranting kayu, red) serta buih.

BACA JUGA:Bawa Red Sparks Menang, Megawati Masuk 3 Besar Top skor Korea V-League

BACA JUGA:Motor Listrik Makin Digemari, Berikut Motor Listrik Dengan Harga di Bawah Rp 10 Juta Sudah Bersubsidi

Masrik (50) warga Dusun 4 Muara Rawas Desa Terusan Kecamatan Sanga Desa yang rumah nya berada di pinggiran aliran Sungai Musi membenarkan mengenai kenaikan air Sungai Musi yang begitu cepat.

“Memang hari Kamis dan Jumat kemarin itu turun hujan yang lumayan deras di sebagian wilayah Sanga Desa. Puncaknya itu yang paling deras terjadi dinihari kemarin. Setelah turun hujan tersebut air Sungai Musi mulai pasang, kenaikannya sekitar 1,5 – 2 meter,” ungkapnya.

Masih menurutnya selain Sungai Musi, beberapa Sungai yang merupakan anak dari Sungai Musi seperti Sungai Ampalau dan Sungai Rawas juga mengalami kondisi yang sama.

“Kebetulan saya juga salahsatu pengemin sungai di daerah Ampalau, rata-rata anak sungai musi di daerah Sungai Ampalau juga mengalami pasang. Mudah-mudahan dengan sudah seringnya hujan turun ini menjadi pertanda bahwa musim hujan segera berakhir,” ucapnya.

BACA JUGA:Sidak ke Lapangan, Apriyadi Warning Kontraktor Selesaikan Pembangunan Infrastruktur Tepat Waktu

BACA JUGA:Ada Usulan Pembangunan Tol di Wilayahnya, Ini Tanggapan Bupati Kuningan

Sementara itu Rosidi juga warga Desa Terusan yang berprofesi sebagai pencari ikan berharap air Sungai Musi dan Sungai lainnya terus mengalami pasang.

“Harapan saya sebagai pencari ikan tentu agar air Sungai kembali pasang, supaya saya dan rekan-rekan nelayan lainnya bisa kembali mencari ikan," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: