3 Manfaat Sehat Mentimun, Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Asam Urat

3 Manfaat Sehat Mentimun, Cocok Dikonsumsi Bagi Penderita Asam Urat

Sayur Mentimun --

HARIANMUBA.COM- Menu rendah purin sangat penting bagi penderita asam urat untuk menjaga kadar asam urat dalam darah tetap terkendali. Salah satu opsi terbaik yang direkomendasikan adalah mentimun.

Penderita asam urat mengalami penumpukan kristal asam urat di persendian, yang dapat menyebabkan nyeri sendi dan ketidaknyamanan pada jaringan sekitarnya. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah menjadi pemicu utama kondisi ini.

Berikut adalah tiga cara di mana mentimun membantu mengatasi asam urat:

BACA JUGA:Dinilai Banyak Bawa Perubahan Positif di Muba, Apriyadi Dinobatkan Kepala Daerah Inovatif Tahun 2023

1. Rendah Purin

Mentimun adalah pilihan yang aman bagi penderita asam urat karena rendah purin. Dalam 100 gram mentimun, hanya terdapat sekitar 7,3 mg purin. 

Dibandingkan dengan makanan tinggi purin yang memiliki lebih dari 200 mg purin dalam jumlah yang sama, mentimun dapat diandalkan sebagai bagian dari pola makan rendah purin.

2. Tinggi Kandungan Air

Mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Kadar air yang cukup membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan melalui urine, termasuk limbah dari ginjal, yang mencakup asam urat. 

Dengan memastikan asupan air yang cukup, mentimun dapat membantu mencegah penumpukan asam urat dan memperlambat pembentukan kristal di persendian.

BACA JUGA:Libur Natal dan Tahun Baru, Ini 5 Hotel di Sekayu Muba yang Bisa Jadi Pilihan Buat Menginap

3. Kaya Antioksidan dan Antiinflamasi

Mentimun tergolong buah yang kaya antioksidan dan antiinflamasi. Konsumsi rutin mentimun dapat meredakan nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat, mencegah peradangan, dan meningkatkan kesehatan persendian secara keseluruhan.

Nutrisi lainnya dalam mentimun juga berperan dalam memulihkan kondisi tubuh yang mungkin kekurangan kalium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: