Stok Melimpah, Harga Jual Ikan Salai Menurun

Stok Melimpah, Harga Jual Ikan Salai Menurun

Pedagang Ikan Salai--

HARIANMUBA.COM,- Stok Melimpah, Harga Jual Ikan Salai Menurun.

Turunnya debit air Sungai Musi beberapa waktu terakhir dimanfaatkan oleh para pengelola anak sungai untuk memanen ikan dari sungai olahan mereka. 

Hal ini tentu saja berdampak pada meningkatnya jumlah stok produk olahan ikan seperti Ikan Salai yang ada di pasaran.

Melimpahnya jumlah stok Ikan Salai di pasaran yang tidak dibarengi dengan peningkatan jumlah pembeli membuat harga jual olahan ikan dengan cara diasapi ini pun jadi turun.

BACA JUGA:Manfaatkan 'Ayo Rawang' Warga di Muba Ini Berburu Ikan

BACA JUGA:Kolaborasi Tim Sinergi Bersama Evakuasi Satu Pohon Besar Tumbang dan Kabel Listrik di Samping Masjid Jami'anur

Terpantau Kamis 8 Februari 2024 di Pasar Kalangan Terusan Kecamatan Sanga Desa, harga Ikan Salai saat ini paling tinggi hanya berda di angka Rp 250 ribu perkilogram harga ini turun sekitar Rp 50 ribu jika dibanding pada bulan Maret lalu.

“Memang saat ini harga Salai sedang turun, rata-rata tiap jenis Ikan Salai itu turun sekitar Rp 20 ribu hingga 50 ribu perkilogram. Misalnya saja Ikan Salai dari Jenis Ikan Lais turun dari harga Rp 300 ribu perkilogram menjadi Rp 250 ribu perkilogram," Jelasnya.

"Ikan Salai dari Jenis Baung turun dari harga Rp 200 ribu perkilo menjadi Rp 180 perkilogram, dan Ikan Salai jenis Ikan Umbut naik dari Rp 100 ribu menjadi Rp 75 ribu perkilogram,” ungkap Amalludin (42) penjual Ikan Salai, warga Kelurahan Ngulak I.

Lebih lanjut ia pun mengatakan bahwa turunnya harga ikan salai ini selain dipengaruhi oleh stok yang melimpah, juga disebabkan turunnya minat beli masyarakat yang ada.

BACA JUGA:Mengenal Tradisi Angpao, Simbol Keberuntungan dan Kebahagiaan dalam Perayaan Imlek

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2024, Ini Formasi untuk Para Fresh Graduate

“Minat beli masyarakat terhadap Ikan Salai sejak merebaknya wabah virus corona ini juga turrun. Mungkin karena dipengaruhi harga kebutuhan pokok yang membengkak, sehingga mereka beralih pada lauk-pauk yang lebih murah seperti ayam potong atau ikan basah,” paparnya.

Tingginya stok Ikan Salai di pasaran ternyata juga dibenarkan oleh Imron salasahtu penjual Ikan Salai lainnya di Pasar Kalangan Ngulak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: