Kejar-Mengejar Suara Antara Parpol di Pileg DPR RI Dapil Sumsel 1 dan 2, Ini Caleg yang Berpeluang Lolos

Kejar-Mengejar Suara Antara Parpol di Pileg DPR RI Dapil Sumsel 1 dan 2, Ini Caleg yang Berpeluang Lolos

Kejar-Mengejar Suara Antara Parpol di Pileg DPR RI Dapil Sumsel 1 dan 2--

HARIANMUBA.COM- Perebutan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari daerah pemilihan (dapil) Sumsel 1 dan Sumsel 2 terus memanas. Dengan kuota hanya 17 kursi, partai politik berlomba-lomba untuk menempatkan setidaknya satu calon legislatif (caleg) di setiap dapil.

Menurut data masuk ke real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Kamis 22 Februari 2024 pukul 20.00 WIB, persentase perhitungan sudah mencapai 61,25 persen. 

Untuk Dapil Sumsel 1, hanya delapan partai politik yang sementara meraih suara di atas 4 persen. Partai Golongan Karya (Golkar) tetap kokoh di urutan pertama dengan 22,67 persen suara. 

Disusul oleh Nasdem dengan 18,54 persen, Gerindra dengan 13,12 persen, PDI Perjuangan dengan 10,27 persen, dan PKB dengan 9,36 persen. 

 BACA JUGA:Ahli Waris Perangkat Desa/Angota Sekretariat PPS Muara Medak Terima Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Sementara itu, tiga partai lainnya, yaitu Demokrat, PKS, dan PAN masing-masing meraih suara di bawah 6 persen.

Di Dapil Sumsel 2, partai yang mendominasi adalah Gerindra dengan 18,04 persen suara. Disusul oleh Nasdem dengan 17,53 persen, Golkar dengan 14,6 persen, Demokrat dengan 11,3 persen, PKB dengan 10,73 persen, dan PDIP dengan 9,35 persen. Sementara dua partai lainnya, yaitu PAN dan PKS, meraih suara di bawah 6 persen.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Sumsel, Andi Diniealdi SE MM, menyatakan bahwa pihaknya masih menunggu hasil resmi dari KPU. 

"Saat ini masih pleno di tingkat kecamatan. Kita tunggu saja hasilnya," ujarnya. Melihat perolehan sementara, Golkar berpeluang mendapatkan empat kursi. 

 BACA JUGA:Minum Air Madu Campur Kunyit Miliki Banyak Manfaat, Wanita Pasti Suka

Di Dapil Sumsel 1, Golkar memiliki Kahar Muzakir dan Yudha Novanza Utama, sementara di Dapil Sumsel 2, terdapat Topan Maulana dan Dewi Yustiana.

Dalam hal perolehan kursi DPRD Provinsi, sumber dari koran ini menyebutkan bahwa Golkar masih memiliki peluang untuk bertahan dalam unsur pimpinan. 

Sedangkan untuk DPRD Kota Palembang, Golkar berhasil meraih delapan kursi. "Saat ini sedang berjuang untuk merebut kursi ke-9," ujar pengurus Golkar Palembang, Rubie Indiarta.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem Sumsel, Dr. Syamsul Bahri, optimis bahwa Nasdem akan merebut empat kursi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: