Tol Jogja-Solo Akan Dibuka Fungsional di Momen Lebaran 2024, Berikut Jalurnya

Tol Jogja-Solo Akan Dibuka Fungsional di Momen Lebaran 2024, Berikut Jalurnya

Tol Solo Jogja yang akan dibuka Fungsional saat momen lebaran 2024--

HARIANMUBA.COM,- Tol Jogja-Solo Akan Dibuka Fungsional di Momen Lebaran 2024, Berikut Jalurnya.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo akan kembali difungsionalkan untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran tahun 2024. 

Jalur Fungsional yang dapat dilalui oleh para pemudik merupakan bagian dari pekerjaan Tahap I jalan tol ini, yakni segmen Kartasura-Klaten.

Pimpinan Proyek PT. Jasamarga Jogja Solo, Muhammad Ahdal Masruhin saat ditemui di lokasi konstruksi pada akhir pekan lalu, mengatakan bahwa terdapat penambahan panjang ruas yang fungsional dibandingkan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu.

BACA JUGA:Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Bimtek Akuntansi dan Pelaporan SIPD RI

BACA JUGA:Hasil Cek Lapangan Tim Pemkab Muba, Temukan Dugaan Pelanggaran PT Wana Potensi Guna

“Untuk fungsionalisasi pada arus mudik Lebaran kami rencanakan minimal (para pemudik) dari Solo sudah bisa exit di Kecamatan Ngawen, Klaten," jelasnya.

"Panjang jalur fungsional sekitar 22 km atau bertambah 9 km dari panjang jalan tol fungsional pada Nataru kemarin. Karena diprediksi arus lalu lintas yang akan melewati Solo dan Yogyakarta lebih besar dibanding pada saat Nataru kemarin,” terang Ahdal.

Dia menambahkan bahwa arus lalu lintas yang akan diberlakukan adalah satu arah dengan menggunakan satu jalur. 

Sementara untuk jenis kendaraan yang boleh melewati tol fungsional ini masih sama seperti sebelumnya, yakni dibatasi hanya golongan 1 berupa kendaraan roda 4 non-bus dan non-truk.

BACA JUGA:Beruntungnya 3 Golongan Manusia Ini Do'anya Selalu Dikabulkan

BACA JUGA:Bulan Ramadhan Sebentar Lagi, Ini Usaha yang Bisa Dilakukan Untuk Menambah Penghasilan

“Nanti akan diberlakukan satu arah, yakni pada masa mudik dari Solo ke arah Jogja dan saat arus balik dari Jogja ke Solo. Jam diberlakukannya jalur fungsional ini adalah dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore," jelasnya.

"Kemarin sempat ada permintaan khusus dari Korlantas (Korps Lalu Lintas) terkait opsi untuk dibuka 24 jam tapi hanya di interchange Kartasura saja, namun masih akan dibahas lebih lanjut saat rapat persiapan Lebaran nanti,” ujarnya.   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: