Kabupaten OKU Miliki Beragam Jenis Objek Wisata, Menarik Untuk Dikunjungi

Kabupaten OKU Miliki Beragam Jenis Objek Wisata, Menarik Untuk Dikunjungi

Goa Putri salah sati wisata terkenal di OKU--

BACA JUGA:Pelebaran Jalan disekitar Pintu Tol Betung Jambi Ini Alami Kendala, Padahal Mei Mulai Dibangun Kontruksi

Menurut legenda yang diyakini masyarakat sekitar, keberadaan Gua Putri bermula dari kehidupan seorang putri bernama Dayang Merindu yang merupakan selir dari Prabu Amir Rasyid, penguasa Kerajaan Ogan yang hidup di zaman dahulu kala.

Suatu pagi, sang putri mandi di muara Sungai Sumuhun dan saat itu melintas seorang pengembara bernama Serunting Sakti atau lebih dikenal dengan nama Si Pahit Lidah yang ingin sekali menyapa putri berparas cantik tersebut.

Tapi, kehadiran Serunting Sakti tidak diperhatikan oleh Putri Dayang Merindu, bahkan terkesan sombong, sehingga membuat pengembara sakti asal Sumatera Selatan tersebut mengutuk sang putri dan seluruh kerajaannya menjadi batu.

"Si Pahit Lidah ini adalah seorang tokoh pendekar sakti yang terkenal di Sumatera Selatan yang konon katanya setiap dia berucap akan terwujud, termasuk mengutuk apapun menjadi batu," kata Riswan, salah seorang warga sekitar. 

BACA JUGA:Ini Sejumlah Nama yang Bakal Maju di Pilkada Ogan Ilir

BACA JUGA:Baru Direhap Tahun 2023 Lalu Gunakan Dana Pokir Dewan, Atap Musollah di Desa Epil Sudah Mau Ambruk

Hal tersebut dibuktikan dengan masih banyaknya peninggalan-peninggalan Kerajaan Ogan yang berubah menjadi batu di dalam gua tersebut yang abadi hingga saat ini.

Selain pemandangan alam yang indah, Gua Putri juga memiliki banyak stalaktit dan stalagmit yang menarik.

 Jika dinding gua terpapar cahaya, maka akan tampak warna-warni yang indah dan tatanan batu yang terdapat di bagian dalam pun sangat menarik.

Menurut cerita, batu-batu tersebut secara alami terbentuk menyerupai sebuah tempat peristirahatan, singgasana, pedapuran untuk memasak, dan pembaringan (Dayang Merindu) yang di bawahnya mengalir air Sungai Semuhun.

BACA JUGA:Kemenag Muba Lakukan Manasik Haji, Diikuti 260 JCH

BACA JUGA:Sempat Diwarnai Saling Tembak Dengan Anggota Polres Mura, DPO Perampokan Meninggal

Wisatawan biasanya menelusuri gua ini sampai ke sebuah kolam yang diyakini sebagai tempat pemandian Putri Dayang Merindu.  

Konon, apabila mandi atau mencuci muka di aliran sungai ini semua keinginan dapat terwujud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: