Kabupaten OKU Miliki Beragam Jenis Objek Wisata, Menarik Untuk Dikunjungi

Kabupaten OKU Miliki Beragam Jenis Objek Wisata, Menarik Untuk Dikunjungi

Goa Putri salah sati wisata terkenal di OKU--

Setiap tamu yang ingin masuk ke dalam Gua Putri diharuskan mengetuk dinding goa sebanyak tiga kali yang menandakan salam untuk para leluhur dan menjaga sikap, perkataan serta perbuatan selama berada di dalam goa agar penunggunya tidak marah.

Setiap pengunjung yang masuk ke dalam gua diminta menjaga sopan santun dan tidak boleh sembarang berucap untuk menghormati penghuni di dalamnya.

BACA JUGA:Sayur Kangkung Cukup Diminati Masyarakat, Ternyata Miliki 5 Hal Menarik Diketahui

BACA JUGA:Mobil Angkutan Minyak Ilegal Terguling dan Terbakar Hebat, 2 Rumah Warga Dawas Ikut Terbakar

Gua Harimau

Sementara itu, Gua Harimau yang hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari lokasi Gua Putri, menyimpan peninggalan peradaban manusia kuno yang hidup sekitar 3.500 tahun lalu.

Untuk menuju objek wisata ini para pengunjung harus menyeberangi Sungai Ogan melalui jembatan gantung tua, kemudian menelusuri jalan setapak sejauh 4 kilometer melewati Sungai Haman (Aek Haman).

Sebanyak 35 kerangka manusia kuno dari Ras Mongoloid berhasil ditemukan di mulut Gua Harimau oleh Tim Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata RI yang dipimpin Prof Trauman Simanjuntak pada 2014 silam.

BACA JUGA:Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Hingga Pemerintah Pusat Apresiasi Peralihan Listrik di Muba

BACA JUGA:Banjir Bandang Menghantam Kabupaten Muratara Sumsel, Wilayah Ini Terdampak Paling Parah

Menurut Prof Trauman Simanjuntak saat itu, kerangka manusia yang ditemukan tidak lagi termasuk dalam kategori manusia purba melainkan manusia kuno.

Dikategorikan manusia kuno mengingat secara fisik bentuknya seperti manusia modern dan mereka juga sudah mengenal senjata yang dibuat dari batu. Makannya juga sudah omnivora.

Analisis Tim Puslit Arkenas pun menyatakan, kerangka manusia yang ditemukan di Gua Harimau termasuk dalam ras mongoloid karena adanya ciri-ciri morfologi yang ditemukan, yaitu bentuk tengkorak yang meninggi dan membundar (brachy cephal) serta bagian tengkorak belakang yang datar.

Selain itu, juga ada ciri morfologi gigi seri berbentuk orbit mata, kedalaman tulang hidung (nasal) serta postur tulang dan tubuh mereka yang khas mongoloid.

BACA JUGA:Hindari Buah Buahan Ini saat Asam Lambung Naik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: