Juaranya Bukan Lagi Sungai Lilin, Inilah 5 Kecamatan Penghasil Pisang Terbanyak di Muba

Juaranya Bukan Lagi Sungai Lilin, Inilah 5 Kecamatan Penghasil Pisang Terbanyak di Muba

Inilah 5 Kecamatan Penghasil Pisang Terbanyak di Muba --

HARIANMUBA.COM - Bicara tentang hasil alam, Kabupaten Musi Banyuasin tidak kalah dengan daerah lain yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Hasil sawah berupa gabah atau beras, serta hasil kebun berupa buah-buahan, setiap tahunnya selalu mencapai ribuan ton yang berhasil diproduksi oleh para petani di Bumi Serasan Sekate.

Salah satu hasil perkebunan yang cukup tinggi produksinya di Kabupaten Musi Banyuasin adalah Buah Pisang

Data Badan Pusat Statistik mencatat di tahun 2022 produksi Buah Pisang di Musi Banyuasin mencapai 33.070 kuintal dan pada tahun 2023 mencapai 19.977 kuintal.

BACA JUGA:Tidak Miliki ISPO, Izin Perusahaan Perkebunan Sawit Bisa Dicabut Loh! Ini Aturannya

Berikut Harian Musi Banyuasin telah merangkum 5 Kecamatan Penghasil Buah Pisang terbanyak di Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2023:

1. Babat Supat

Kecamatan Babat Supat tahun 2023 berhasil menggeser Kecamatan Sungai Lilin sebagai wilayah penghasil Buah Pisang terbanyak di Kabupaten Musi Banyuasin.

Tidak mengherankan bila di kecamatan ini dibangun sebuah ikon berupa tugu berbentuk sesisir Pisang Bekaran yang merupakan tanaman khas daerah Babat Supat.

Tugu Pisang Bekaran tersebut terletak di Halaman Kantor Kecamatan Babat Supat, dan selesai dibangun sekitar tahun 2022.

BPS Muba mencatat tahun 2023 jumlah produksi Buah Durian di Kecamatan Babat Supat mencapai 10.635 kuintal atau sekitar 53 persen dari total seluruh hasil produksi pisang di Musi Banyuasin.

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan di Banyuasin Berhasil Diamankan, Ternyata Bersembunyi di Bayung Lencir

2. Sungai Lilin

Sungai Lilinbergeser ke urutan kedua daftar Kecamatan Penghasil Buah Pisang terbanyak di Kabupaten Musi Banyuasin, itu karena tahun 2023 kemarin produksi Buah Pisang di Sungai Lilin merosot tajam dibandingkan tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: