Cuaca Ekstrem Pemkab Muba Ingatkan Warga Waspada Banjir, Petir dan Longsor

Cuaca Ekstrem Pemkab Muba Ingatkan Warga Waspada Banjir, Petir dan Longsor

Cuaca Ekstrem Pemkab Muba Ingatkan Warga Waspada Banjir, Petir dan Longsor --

HARIANMUBA.COM- Kondisi cuaca di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), saat ini masih berlangsung cuaca ekstrem yang sulit untuk diprediksi. 

Walaupun perkiraan cuaca sudah memasuki musim kemarau namun, di lapangan masih terjadi curah hujan yang cukup tinggi yang berakibat debit air sungai juga naik yang bakal mengakibatkan banjir dan rentan longsor terutama di bantaran sungai. 

Menyikapi hal tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Musi Banyuasin H Sandi Fahlepi melalui Kepala BPBD Muba Pathi Riduan SE ATD MM, mengingatkan masyarakat agar selalu waspada dengan kondisi cuaca yang ada saat ini .

"Dalam kondisi cuaca yang ekstrem seperti ini perlu ada kewaspadaan. Untuk itu, saya ingatkan kepada semua warga Kabupaten Muba, terutama pada daerah yang pinggiran sungai musi yang rawan bencana alam banjir agar lebih waspada," ujarnya.  

BACA JUGA:Eksis di Expo HUT ke-44 Dekranas, Stan Gambo Muba Jadi Pusat Perhatian, Boyong Pengrajin dan Produk Unggulan

Lanjutnya, selain waspada tentunya juga harus siaga. "Terutama kepada masyarakat yang berada di bantaran sungai bila curah hujan tinggi untuk waspada dan bila perlu mencari tempat aman untuk menghindari bila terjadi longsor. Bila saat curah hujan yang cukup tinggi dan petir dihimbau kepada kita untuk menghindari berteduh di bawah pohon atau tempat-tempat terbuka untuk menghindari sambaran petir," terangnya.

Selain itu warga muba pengguna jasa transportasi sungai khususnya di daerah Lalan, Bayung Lincir dan Sungai Lilin bila terjadi hujan ekstrem dan lebat jangan dulu berlayar atau melakukan perjalanan menggunakan perahu, speedboat, kapal motor sungai karena jarak pandang ke depan menjadi lebih singkat yang dapat mengakibatkan kecelakaan kapal di sungai.

"Bila terjadi Bencana segera hubungi atau menginformasikan ke perangkat pemerintah terdekat seperti Pak RT, Kades/Lurah, Camat atau Hotline BPBD Kab Muba,"bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: