Ini 5 Kiat Menjadi Haji Mabrur Serta Ciri Orang yang Hajinya Mabrur Menurut Rasulullah

Ini 5 Kiat Menjadi Haji Mabrur Serta Ciri Orang yang Hajinya Mabrur Menurut Rasulullah

Ilustrasi--

HARIANMUBA.COM - Menjadi haji mabrur adalah dambaan semua umat Islam yang tengah menjalankan rukun Islam kelima di Tanah Suci Mekkah, yakni ibadah haji

Capaian ini menjadi salah satu penentu kesempurnaan ibadah seseorang. Tak ayal jika berbagai upaya mencapai hal itu tidak henti-hentinya dilakukan.

Haji mabrur sendiri merupakan manasik yang tidak mengandung maksiat di dalamnya, baik prilaku, ucapan hingga makan-makanan yang dikonsumsi.

Mabrur atau ibadah haji sempurna adalah label yang sebenarnya tidak bisa ditentukan oleh manusia, melainkan hanya Allah SWT saja yang mampu menilainya.

BACA JUGA:Jangan Takut, Ini Manfaat Donor Darah untuk Kesehatan

BACA JUGA:Miliki Dynamic Island ala iPhone 14, Harga Realme Note 50 hanya Rp 1 Jutaan

Meski begitu, seseorang yang bersungguh-sungguh dengan niat lillahi ta’ala saat ibadah haji, insyaAllah dirinya akan menunjukkan ciri tersendiri dalam meraih predikat mabrur.

Seorang haji mabrur adalah seseorang yang mampu menahan diri dari segala dosa sampai dengan waktu kematiannya serta tidak melakukan perbuatan yang menyia-nyiakan hajinya.

Seseorang itu juga harus menunjukkan kebaikan kepada orang lain dan berbicara secara sopan dengan orang lain.

Hal ini sesuai dengan salah satu hadits yang artinya, dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda, “Ibadah umrah ke ibadah umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) di antara keduanya, dan haji mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga” (HR. Bukhari & Muslim).

BACA JUGA:Kemenkumham Buka Lowongan CPNS Tahun 2024 Untuk Lulusan SMA, Ini Formasi dan Persyaratannya

BACA JUGA:Ini 7 Peringatan Serius dari Tubuh Bila Kurang Banyak Bergerak

Rasulullah SAW menyebutkan tiga ciri-ciri yang menandakan haji mabrur, yaitu:

1. Santun dalam bertutur kata (thayyibul kalam).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: