Hutama Karya Garap Pembangunan Simpang Susun di 2 Ruas Tol Trans Sumatera, Begini Perkembangannya

Hutama Karya Garap Pembangunan Simpang Susun di 2 Ruas Tol Trans Sumatera, Begini Perkembangannya

Pembangunan simpang susun tol trans sumatera--

HARIANMUBA.COM,- Hutama Karya Garap Pembangunan Simpang Susun di 2 Ruas Tol Trans Sumatera, Begini Perkembangannya

Memiliki portofolio dalam membangun simpang susun terumit yakni Tanjung Mulia di Medan.

PT Hutama Karya kembali diamanahkan untuk menggarap 2 (dua) proyekjunction, Ruas Rengat – Pekanbaru Seksi Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru (30,57km).

Ini yang merupakan bagian dari ruas pembangunan Tahap II, dan Junction Palembang (8,25 km) dengan 6 ramp konstruksi dari total 10 ramp.

BACA JUGA:Golkar dan PDI Perjuangan Belum Tentukan Dukungan, Bakal Ada Kejutan Besar Pada Pilkada Muba?

BACA JUGA:Gara-gara Utang Judi Online, Warga PALI Nekad Buat Laporan Palsu ke Polisi, Ngaku Dibegal

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan kedua junction atau persimpangan jalan ini nantinya akan menghubungkan sejumlah ruas di dua provinsi seperti Riau, dan Sumatera Selatan.

“Proyek junction ini kita desain untuk mendukung akses Jalan Tol Trans Sumatera yang telah beroperasi. Kedua proyek ini mulai digarap pada akhir bulan Desember 2023, dengan target rampung di tahun 2025 mendatang,” ujar Adjib.

Hingga akhir Mei 2024, progres fisik Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru telah mencapai 16,27 persen, dengan progres pengadaan lahan sebesar 26,17%. Proyek ini direncanakan memiliki lebar jalur 3,6 m, serta jumlah lajur 2x2 pada tahap awal. Dari sisi fasilitas struktur, dilengkapi dengan 1 Tempat Istirahat Pelayanan atau Rest Area Tipe A pada titik STA 190+450, 3 Gerbang Tol, 3 Interchange (IC), dan 3 Jembatan Sungai.

Sementara itu, jalan tol yang memiliki kecepatan rencana maksimum 100 km/jam ini secara spesifik akan menghubungkan Jalan Tol Pekanbaru – Dumai dengan Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang yang diharapkan dapat bermanfaat untuk mendukung konektivitas di Provinsi Riau, sehingga mampu menstimulasi pertumbuhan ekonomi wilayah melalui kemudahan mobilisasi kebutuhan logistik.

BACA JUGA:Jelang Lebaran Idul Adha, Petani Karet di Muba Lesu, Harga Jual Tak Kunjung Naik

BACA JUGA:Diduga Lakukan Penganiayaan, Warga Balai Agung Diamankan Polsek Sekayu, Ini Kronologisnya

Pada periode yang sama, progres pengerjaan Junction Palembang telah mencapai 26,48%, dengan progres pengadaan lahan sebesar 83,94%. Dari segi teknis, proyek ini dilengkapi dengan lebar lajur 4 m, dan kecepatan rencana 40-60 km/jam. 

Nantinya akan menghubungkan sejumlah jalan tol yang telah beroperasi di Provinsi Sumatera Selatan seperti jalan tol Kayu Agung – Palembang, Palembang – Indralaya, Indralaya – Prabumulih, dan Palembang – Betung.

Proyek Jalan Tol Junction Pekanbaru – Bypass Pekanbaru melewati berbagai macam medan dari perbukitan, rawa dan sungai. Dalam proses konstruksinya membutuhkan berbagai jenis soil improvement yang diterapkan dalam perbaikan tanah dasar untuk badan jalan. Sementara tantangan pada proyek Junction Palembang didominasi oleh struktur menggunakan pile slab dan jembatan tinggi dimana trase tersebut melintasi jalan tol eksisting yang beroperasi,

Sehingga untuk menjawab tantangan tersebut, Hutama Karya menerapkan penggunaan digitalisasi konstruksi pada seluruh tahapannya, mulai dari perencanaan, konstruksi, bahkan pengarsipan data. Berbagai teknologi yang digunakan meliputi BIM (Building Information Modeling), TLS (Terrestrial Laser Scanning), GIS Dashboard, Video Surveillance, HK Automate, Photogrammetry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: