Bukti Kronologis Tulisan Kuno Yunani Ungkap Keberadaan Benua Atlantis, Dimana Itu?

Bukti Kronologis Tulisan Kuno Yunani Ungkap Keberadaan Benua Atlantis, Dimana Itu?

Bukti Kronologis Tulisan Kuno Yunani Ungkap Keberadaan Benua Atlantis, --

BACA JUGA:Membanggakan, Desa Bukit Jaya Sungai Lilin Juara 1 Regional Sumatera, Lomba SDGs Tingkat Nasional

Masa buta huruf Yunani ini berlanjut hingga abad ke-9 SM, ketika mereka mengadopsi Alfabet Fenisia dan menciptakan alfabet Yunani yang berlanjut hingga saat ini.

Sebelum Abad Kegelapan Yunani, masyarakat Mycenaean menggunakan Linear B sebagai sistem penulisan mereka. Sistem ini pertama kali muncul di kalangan masyarakat Yunani pada pertengahan milenium kedua SM, sekitar tahun 1500 SM.

Oleh karena itu, Atlantis tidak mungkin ada jauh sebelum itu. Namun, Atlantis juga tidak mungkin ada setelah sekitar tahun 1200 SM, karena pada saat itulah Keruntuhan Zaman Perunggu dimulai, dan pendeta Mesir dengan jelas menempatkan Atlantis sebelum periode buta huruf tersebut.

Berdasarkan bukti ini, Atlantis yang sebenarnya pastilah sebuah bangsa yang masih ada antara sekitar 1500 SM dan 1200 SM.

BACA JUGA:Usai Lebaran, Ini Rekomendasi Tanaman yang Bisa Bantu Menurunkan Darah Tinggi

Kisah dasar Atlantis adalah bahwa ia merupakan peradaban yang kaya dan kuat yang menguasai satu pulau utama dan beberapa pulau lainnya, serta berperang melawan Yunani.

Bangsa Yunani adalah pemenangnya, menggulingkan bangsa Atlantis yang perkasa dan mengakhiri dominasi mereka.

Dalam periode antara 1500 dan 1200 SM, hanya ada satu negara yang sesuai dengan profil ini, yaitu peradaban Minoa.

Hal ini tidak mengherankan, karena banyak ilmuwan selama puluhan tahun telah menyarankan bahwa kisah Atlantis berasal dari catatan peradaban Minoa yang menyimpang.

BACA JUGA:Potong Dua Ekor Sapi, Dinkominfo Muba Bagikan Daging Kurban Gunakan Gedebog Pisang

Banyak adat istiadat Minoa yang serupa dengan yang dijelaskan oleh Plato. Dan yang terpenting, mereka berperang melawan orang-orang Yunani Mycenaean sekitar tahun 1450 SM, yang akhirnya mereka kalah.

Bukti kronologis yang diungkap oleh alfabet Yunani sangat mendukung kesimpulan bahwa kisah Atlantis berasal langsung dari peradaban Minoa.

Keruntuhan masyarakat Yunani dan hilangnya alfabet selama periode ini menjelaskan mengapa orang Yunani tidak memiliki catatan tertulis tentang Atlantis.

Dengan demikian, Atlantis mungkin bukan hanya mitos, tetapi bagian dari sejarah yang hilang, terkubur oleh waktu dan bencana alam yang melanda peradaban kuno.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: