Golkar,PDIP,Gerindra Jadi Penentu, Apriyadi Baru Satu Partai Pendukung, Lucianty Peluang Lawan Kotak Kosong?

Golkar,PDIP,Gerindra Jadi Penentu, Apriyadi Baru Satu Partai Pendukung, Lucianty Peluang Lawan Kotak Kosong?

Apriyadi Baru Satu Partai Pendukung, Lucianty Peluang Lawan Kotak Kosong?--

SEKAYU, HARIANMUBA.COM - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 kian dekat, dukungan partai politik untuk calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Musi Banyuasin satu persatu sudah mulai ditunjukkan oleh partai politik.

Teranyar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi menyerahkan surat dukungan kepada Drs H Apriyadi MSi yang saat ini menjabat sebagai Sekda Muba untuk maju sebagai calon bupati.

Dukungan dari PKS dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) dukungan kepada Apriyadi untuk menjadi Calon Bupati Muba periode 2024-2029 dengan nomor : 629.8.5.A/SKEP/DPP-PKS/2024. Penyerahan tersebut dilakukan di Hotel Excelton Palembang, Rabu 26 Juni 2024 siang yang diserahkan langsung Ketua MPW PKS Sumsel KH Tol’at Wafa Ahmad Lc didampingi Sekretaris DPW PKS Sumsel, Irwan Irawadi dan Ketua DPD PKS Muba Musheni yang diterima oleh Ketua Tim Pemenangan Bakal Cabup Muba Apriyadi yakni Chandra SKM MSi.

BACA JUGA:Oknum Ngaku Brimob Palsu Ternyata Terlibat Penipuan Masuk Polri, Uangnya Habis Modal Ngebor Minyak di Muba

Namun, dukungan dari PKS untuk Apriyadi ini belum cukup untuk menjadi syarat pendaftaran pencalonan, sebab PKS hanya memiliki 3 kursi. Sementara itu syarat untuk bisa mengusung calon bupati Muba minimal harus memiliki 20 persen dukungan dari total 45 kursi DPRD Muba atau setara 9 kursi.

H Apriyadi masih membutuhkan 6 kursi lagi untuk resmi dapat tiket maju pada Pilkada Muba tanggal 27 November 2024 mendatang. 

Kuncinya, saat ini terletak pada tiga partai besar yang memperoleh kursi cukup banyak pada pemilihan legislatif lalu. Tiga partai tersebut yaitu Golkar (10 kursi), Gerindra (7 kursi), dan PDI Perjuangan (6 kursi).

BACA JUGA:Mendagri Tegaskan Penggantian Pj Gubernur Tidak Bermuatan Politis, Ungkap 5 Kepala Daerah Mundur Untuk Pilkada

Apabila salahsatu dari tiga partai politik tersebut menyerahkan dukungannya kepada H Apriyadi maka tiket untuk menuju pertarungan singgasana Muba satu akan tesmi ditangan putra kelahiran Desa Bumi Ayu.

Sebaliknya, peluang dukungan Golkar, Gerindra, dan PDI Perjuangan untuk berlabuh kepada Hj Lucianty juga cukup terbuka.

Pasalnya, untuk partai Golkar saat ini salahsatu kadernya yaitu Sugondo ramai disebut akan dipinang untuk menjadi pasangan Lucianty sebagai calon wakil bupati Muba. Jika hal ini benar terjadi otomatis arah dukungan partai Golkar otomatis akan berlabuh ke wanita yang akrab disapa yuk Lucy.

Selanjutnya bagaimana dengan Partai Gerindra dan PDI Perjuangan? apakah akan mendeklarasikan diri mendukung H Apriyadi atau Hj Lucianty. Atau mereka akan bergabung dengan calon tersendiri. 

BACA JUGA:TP PKK Muba Gelar Pelatihan, Peningkatan Ekonomi Keluarga

Keputusan dukungan dari Partai Golkar, Gerindra, dan PDI Perjuangan saat ini sangat dinantikan oleh publik. Jawaban apakah Lucianty akan berhadapan dengan H Apriyadi atau melawan Kotak Kosong pada Pilkada Muba akan terjawab dari penyerahan surat dukungan tiga pertai tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: