Begini Cara Menghindari Penipuan Bermodus QRIS

Begini Cara Menghindari Penipuan Bermodus QRIS

Ilustrasi--

HARIANMUBA.COM - Dizaman serba modern, jenis transaksi kian bervariasi. Tidak harus cash melainkan juga digital seperti QRIS (Quick Response Indonesian Standard).

Semakin mudahnya bertransaksi, tidak kejahatanan penipuan pun semakin rentan terjadi. Nah berikut tips untuk menghindari penipuan melalui QRIS.

QRIS telah menjadi salah satu metode pembayaran digital terpopuler di Indonesia dengan menawarkan berbagai Kemudahannya, tetapi dibalik itu semua banyak oknum yang mencari kesempatan dengan melakukan modus penipuan QRIS.

Modus penipuan QRIS ini marak sekali terjadi di tahun-tahun sekarang, oleh sebab itu anda perlu berhati-hati supaya tidak menjadi korban dari para oknum ini.

BACA JUGA:ASUS VivoBook Pro 14, Laptop Canggih untuk Profesional Muda dan Kreator Konten

BACA JUGA:Malam Minggu, Sekda Muba Sidak Perbaikan Jalan di Sekayu

Selain itu penting untuk anda mengenai berbagai modus penipuan QRIS, karena dengan mengetahuinya anda dapat menghindari hal-hal tersebut terjadi.

Berikut ini akan kami bahasa secara lengkap berbagai modus penipuan QRIS, yuk simak terus uraiannya dibawah ini.

Modus Penipuan QRIS yang Perlu Diwaspadai:

• QRIS Palsu: Pelaku menempelkan QRIS palsu di tempat-tempat umum seperti kotak amal, spanduk, atau stiker toko. QRIS ini mengarah ke rekening penipu sehingga korban akan tertipu saat melakukan scan.

BACA JUGA:7 Macam Daun di Sekitar Rumah yang Manjur Turunkan Kadar Gula Darah

BACA JUGA:Hindari Penyebaran Penyakit TBC, Lapas Sekayu Lakukan Skrining Kesehatan TB

• Penukaran Rekening: Penipu meminta korban untuk scan QRIS yang sebenarnya milik toko, namun setelah scan, pelaku meminta korban untuk memasukkan nomor rekening yang berbeda. Rekening ini adalah milik penipu sehingga uang pembayaran akan masuk ke kantong mereka.

• Phishing: Pelaku mengirimkan pesan melalui SMS, WhatsApp, atau email yang mengatasnamakan lembaga resmi seperti bank atau operator seluler.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: