Pj Sekda Sumsel Edward Candra Hadiri Puncak Apresiasi Duta Generasi Berencana

Pj Sekda Sumsel Edward Candra Hadiri Puncak Apresiasi Duta Generasi Berencana

Pj Sekda Sumsel Edward Candra Hadiri Puncak Apresiasi Duta Generasi Berencana --

HARIANMUBA.COM,- Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda). Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs H Edward Candra, MH menghadiri puncak  Apresiasi Duta Generasi Berencana (Genre) Provinsi Sumsel tahun 2024, bertempat  di Hotel Aryaduta Palembang, Jum’at (2/8/2024).

Dalam kegiatan yang dihadiri oleh Pj Ketua TP PKK Provinsi Sumsel Melza Elen Setiadi dan Pj Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sumsel Hj. Desy Edward Candra itu, Pj Sekda Edward Candra mengatakan, usia remaja adalah masa peralihan dari masa anak- anak menuju masa dewasa, dimana pada masa ini remaja mengalami beberapa perubahan yang terjadi baik secara fisik, psikologis, maupun sosial. 

“Sejalan perkembangannya remaja mulai bereksplorasi dengan diri, nilai-nilai, identitas, peran, dan perilakunya. Agar masa peralihan remaja ini, lebih mengarah pada kegiatan positif, maka para remaja harus didukung kreatifitas,” tuturnya.

Menurut Edward, melakukan hal-hal kreatif yang bervariasi akan memberikan sesuatu yang baru dan segar, membuat hidup menjadi lebih indah, karena akan dikelilingi hal-hal yang bervariasi dan tidak monoton.

 BACA JUGA:SELAMAT, Syahrini Melahirkan Anak Pertama Tepat di Hari Ulang Tahunnya

BACA JUGA:Bagaimana Hukum Wudhu Tapi di Toilet? Begini Kata Ustaz Adi Hidayat

“Ketika para remaja diberi ruang kreatifitas, maka mereka tidak akan sempat memikirkan hal-hal negatif, seperti seks bebas, narkoba, mabuk-mabukan, tawuran dan lainnya. Tidak akan sempat terlintas di pikiran mereka melakukan hal-hal tersebut, ketika mereka diberikan ruang untuk berkreasi,” ungkapnya. 

Edward menyebut, program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan menuju masa berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

“Program duta Genre ini sangat bermanfaat bagi perkembangan para remaja di Sumatera Selatan. Diharapkan agar yang terpilih menjadi Duta Genre dapat membawa manfaat bagi para remaja di Sumatera Selatan, tidak hanya sekedar menjadi duta saja, tapi mempunyai nilai penting, sebagai wujud tanggung jawab untuk menciptakan remaja yang kreatif, inovatif dan berakhlakul karimah, sehingga jauh dari nilai-nilai negatif,” tambahnya .

Sementara Ketua Forum Genre Indonesia Provinsi Sumsel Farhansyah Pratama melaporkan  kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi dan kreatifitas remaja melalui Program Generasi Berencana.

BACA JUGA:Ini Sejarah Mengapa Harga Emas Lebih Mahal Dibanding Tembaga, Baja dan Aluminium

BACA JUGA: Strategi Pengendalian Inflasi di Sumsel, Berikut Tiga Poin Penting dari Pj Gubernur Elen Setiadi

“Meningkatkan kualitas intelektual baik itu pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja Duta GenRe dalam mengelola Pusat Informasi Konseling Remaja,” paparnya.

Melalui GenRe Indonesia diharapkan mampu mengadvokasi teman sebaya, masyarakat dan stakeholder terkait, Meningkatkan promosi GenRe melalui jaringan komunikasi media digital yang relevan dan ramah remaja, serta mendapatkan Figure Teladan Bagi Remaja melalui Duta Genre Sumsel Tahun 2024. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: