Forkopimcam Sanga Desa Gelar Salat Istisqa, Mohon Hujan untuk Atasi Karhutlah

Forkopimcam Sanga Desa Gelar Salat Istisqa, Mohon Hujan untuk Atasi Karhutlah

Salat Istisqa di halaman Kantor Camat Sanga Desa --

HARIANMUBA.COM - Ratusan masyarakat dari berbagai elemen mengikuti Salat Istisqa yang digelar oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Sanga Desa pada Rabu, 28 Agustus 2024.

Salat yang dilaksanakan di halaman Kantor Camat Sanga Desa ini dilakukan sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar segera diturunkan hujan, mengingat musim kemarau yang panjang telah menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutlah) di beberapa titik di Kecamatan Sanga Desa.

Salat Istisqa ini dipimpin oleh Kepala KUA Sanga Desa Andi Subianto, S.H.I., yang bertindak sebagai imam sekaligus khatib. 

BACA JUGA:Heboh Video Bajing Loncat di Jembatan Musi 2 Palembang, Ambil Tabung Gas Melon

Dalam khotbahnya, Andi mengajak seluruh jamaah untuk merenungi dosa-dosa dan memohon ampunan kepada Allah SWT, serta berdoa agar hujan segera turun guna mengatasi bencana karhutlah dan kabut asap yang melanda wilayah mereka.

Camat Sanga Desa, Hendrik, S.H., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan bahwa akibat tidak turunnya hujan hampir dua bulan sejak 12 Juli 2024, bencana karhutlah terjadi di beberapa wilayah, termasuk di SP 1 - SP 3 Trans Air Balui, Desa Jud 2, dan Desa Penggage.

"Forkopimcam bersama tim dari Polsek Sanga Desa, TNI, serta bantuan water bombing kemarin telah berjibaku memadamkan api. Alhamdulillah, hari ini kebakaran dinyatakan aman," ujar Hendrik.

BACA JUGA:Delapan Fraksi DPRD Muba Sampaikan Pendapat Terkait R-APBDP 2024

Camat Hendrik juga membawa kabar baik dengan menyebutkan prediksi dari BMKG bahwa wilayah Kecamatan Sanga Desa kemungkinan akan diguyur hujan pada bulan September 2024. 

"Kita hadir melaksanakan Salat Istisqa agar Allah SWT segera menurunkan hujan dan menghentikan bencana karhutlah serta kabut asap yang melanda," lanjutnya.

Hendrik juga mengajak seluruh jamaah Salat Istisqa untuk bertaubat kepada Allah dan menjadikan momentum ini sebagai upaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada-Nya.

BACA JUGA:Pemprov Sumsel dan Bapanas RI Periksa Ketersediaan Stok Beras di Gudang Bulog dan Penggilingan Padi

"Semoga dengan meningkatnya keimanan dan taqwa kita, Allah SWT akan mengijabah doa kita semua dan menurunkan hujan yang lebat di Kecamatan Sanga Desa," tutupnya.(ren)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: