Dari Roket Hingga Janda Berhias, Kuliner Palembang dengan Nama Unik yang Mengundang Rasa Penasaran

Dari Roket Hingga Janda Berhias, Kuliner Palembang dengan Nama Unik yang Mengundang Rasa Penasaran

Kue Jando Beraes khas Palembang --

BACA JUGA:Hadiri Milad Ke-25 Ponpes Hidayatul Fudhola Walisongo, Hj Lucianty Janji Lanjutkan Program Santri Jadi Dokter

3. Model

Di tempat lain, "model" mungkin dikenal sebagai seseorang yang berprofesi di dunia fesyen. Namun di Palembang, "Model" adalah sejenis makanan yang terbuat dari adonan ikan seperti pempek, tetapi disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rasa.

Model biasanya dinikmati bersama mie atau bihun, menjadikannya hidangan yang hangat dan mengenyangkan. Nama "Model" mungkin terdengar unik, tapi jangan lewatkan kelezatannya saat berkunjung ke Palembang.

4. Kue Jando Beraes

Nama makanan ini mungkin yang paling mengejutkan. "Jando Beraes," jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, berarti "Janda Berhias".

Nama ini diambil dari tampilan kue yang mencolok dengan warna-warna cerah seperti merah dan hijau di bagian atasnya.

Kue ini terbuat dari bahan dasar ketan dan kelapa dengan tekstur yang lembut dan kenyal. Dinamai Jando Beraes karena tampilannya yang mencolok, seolah menggambarkan seorang wanita yang berdandan menor. Meski namanya unik, kue ini memiliki rasa manis yang nikmat.

BACA JUGA:Legislatif dan Eksekutif Muba Sepakati Raperda APBD 2025, Pj Bupati H Sandi Tegaskan Komitmen Pembangunan

5. Laksan

Meski tidak terdengar menyeramkan, Laksan adalah salah satu makanan khas Palembang yang unik. Makanan ini mirip dengan pempek, tetapi disajikan dengan kuah santan yang gurih.

Teksturnya lembut dan cita rasanya lezat, terutama bagi mereka yang menyukai makanan berkuah.

6. Kue Srikaya

Nama ini mungkin mengingatkan pada buah srikaya, namun kue srikaya khas Palembang terbuat dari bahan dasar telur, santan, dan gula.

Kue ini memiliki tekstur lembut dengan rasa manis yang tidak terlalu mencolok. Biasanya, kue ini dijadikan pelengkap dalam sajian ketan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: