Manfaat Jalan Kaki 10 Menit Sehari untuk Kesehatan dan Panjang Umur

Manfaat Jalan Kaki 10 Menit Sehari untuk Kesehatan dan Panjang Umur

Ilustrasi kegiatan jalan kaki--

HARIANMUBA.COM- Jalan kaki adalah aktivitas sederhana yang sering kali diabaikan, namun manfaatnya bagi kesehatan sangat besar. Sebuah studi dari University of Leicester, Inggris, menemukan bahwa berjalan kaki selama 10 menit setiap hari, terutama dengan langkah cepat, dapat memperpanjang harapan hidup.

Penelitian ini menunjukkan bahwa hanya dengan menambahkan jalan kaki singkat dalam rutinitas harian, seseorang dapat meningkatkan kualitas hidup, terutama pada usia lanjut.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 40.000 wanita dan hampir 4.000 pria dengan usia rata-rata 63 tahun. Ketika mereka mulai berjalan kaki 10 menit per hari, harapan hidup wanita meningkat hingga 0,9 tahun, sementara pria dapat memperpanjang usia hingga 1,4 tahun.

Manfaat ini lebih terasa pada orang-orang yang sebelumnya jarang berolahraga atau tidak aktif secara fisik.

BACA JUGA:Polda Sumsel Amankan Pupuk Non Subsidi Tanpa Izin Edar di Sungai Lilin Muba dan Banyuasin

Menambah durasi jalan kaki lebih dari 10 menit per hari juga bisa memberikan dampak yang lebih signifikan.

Jika seseorang rutin berjalan kaki selama 30 menit sehari, wanita bisa memperpanjang harapan hidupnya hingga 1,4 tahun dan pria hingga 2,5 tahun.

Oleh karena itu, memulai kebiasaan jalan kaki 10 menit setiap hari bisa menjadi langkah awal menuju gaya hidup yang lebih sehat dan umur panjang.

Selain memperpanjang usia, jalan kaki juga memiliki berbagai manfaat kesehatan lainnya. Aktivitas ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, memperbaiki sirkulasi darah, serta membantu menjaga berat badan yang sehat.

BACA JUGA:Dukung Pendidikan, Hj. Lucianty dan H. Syaparuddin Siapkan Program Tingkatkan Honor Guru PAUD

Jalan kaki juga efektif dalam mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan penyakit jantung.

Menurut Tom Yates, profesor olahraga dan kesehatan dari University of Leicester, menambah durasi dan meningkatkan intensitas jalan kaki, misalnya dengan langkah lebih cepat, juga bisa memberikan manfaat yang lebih besar.

 "Sebuah perubahan kecil benar-benar dapat membuat perbedaan yang signifikan," ujarnya.

Jalan kaki tidak hanya membantu tubuh tetap aktif, tetapi juga berdampak positif pada kesehatan mental. Berjalan di luar ruangan, misalnya di taman atau lingkungan yang hijau, dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan mood, dan memperbaiki kualitas tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: