Apakah Stres Bisa Memicu Penyakit Jantung di Usia Muda? Simak Penjelasannya!

Apakah Stres Bisa Memicu Penyakit Jantung di Usia Muda? Simak Penjelasannya!

Ilustrasi sakit jantung di usia muda--

HARIANMUBA.COM- Penyakit jantung sering kali dikaitkan dengan usia tua, gaya hidup tidak sehat, atau faktor genetik. Namun, belakangan ini semakin banyak orang muda yang didiagnosis dengan Penyakit jantung.

Salah satu faktor yang diduga kuat berperan dalam peningkatan ini adalah stres. Lalu, apakah stres bisa memicu penyakit jantung, bahkan pada usia muda?

Bagaimana Stres Berdampak pada Kesehatan Jantung?

Stres merupakan respon tubuh terhadap situasi yang dianggap mengancam atau menekan. Ketika seseorang mengalami stres, tubuh melepaskan hormon seperti adrenalin dan kortisol yang meningkatkan detak jantung, tekanan darah, dan kadar gula darah. Jika stres ini bersifat kronis atau berkelanjutan, perubahan ini dapat mempengaruhi kesehatan jantung secara negatif.

BACA JUGA:Mampir ke Rumah Haji Sukri, Cabup Lucianty Dialog dengan Nelayan Lalan

Berikut beberapa cara stres dapat memicu penyakit jantung:

1. Peningkatan Tekanan Darah  

   Saat stres, tekanan darah meningkat sebagai respons alami tubuh. Namun, jika tekanan darah tinggi berlangsung terus-menerus, hal ini dapat merusak dinding arteri, mempercepat pembentukan plak, dan meningkatkan risiko serangan jantung.

2. Penyempitan Pembuluh Darah  

   Stres juga dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, yang membuat aliran darah ke jantung dan organ lain menjadi terbatas. Hal ini dapat memicu masalah jantung, terutama jika aliran darah yang terbatas terjadi dalam jangka panjang.

3. Perubahan Detak Jantung  

   Hormon stres dapat mempengaruhi ritme jantung, menyebabkan detak jantung tidak teratur (aritmia). Pada beberapa kasus, aritmia ini bisa berujung pada masalah jantung serius seperti gagal jantung.

BACA JUGA:Pj Gubernur Ajak Kapolda Sumsel Pererat Sinergitas, Ciptakan Kondusifitas Daerah Jelang Pilkada Serentak 2024

4. Peningkatan Kadar Kolesterol  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: