Pengungkapan TPPU Narkoba Senilai Rp64 Miliar, Pemprov Sumsel Dukung Penuh BNN dan Polri

Pengungkapan TPPU Narkoba Senilai Rp64 Miliar, Pemprov Sumsel Dukung Penuh BNN dan Polri

Gelar perkara TPPU jaringan Narkoba di Palembang--

HARIANMUBA.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Drs H Edward Candra,MH memberikan apresiasi Pemerintah Provinsi Sumsel kepada Badan Narkotika Nasional yang berhasil mengungkap praktik  Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari hasil peredaran narkotika jaringan Palembang-Malaysia, Palembang-Aceh.

Apresiasi tersebut diungkapkan Sekda Edward Candra saat menghadiri Pres Release TPPU, Bertempat  Jalan  Bypass Alang- Alang Lebar Talang Kelapa, Kec. Alang-Alang lebar Palembang, Rabu 9 Oktober 2024.

Dalam kesempatan itu dipajang sejumlah barang bukti TPPU berupa lima unit ruko, kendaraan roda empat dan roda dua, selain itu juga uang tunai dan aset lainnya berupa tanah dengan total Rp 64 Miliar lebih.

BACA JUGA:Pertolongan Pertama dan Cara Mengatasi Bila Digigit Kelabang

Sekda Edward Candra  pengungkapan terungkapnya TPPU oleh BNN Provinsi Sumsel menjadi bukti  komitmen yang kuat dalam memberantas jaringan narkoba. 

“Tindakan tegas ini sangat penting untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif narkoba dan kejahatan terorganisir,” katanya. 

Pemprov Sumsel lanjut Edward akan mendukung penuh upaya BNN  dan Polri dalam memberantas Narkotika. Serta memastikan agar para pelaku diadili dengan hukuman seberat-beratnya. 

“Kita tidak akan mentolerir kejahatan yang merusak masa depan generasi muda dan menciptakan ketidak amanan di provinsi Sumatera Selatan “ tegasnya 

BACA JUGA:KPU Gelar Debat Publik Calon Bupati Muba, Berikut Jadwalnya

Sementara itu Kepala BNN Republik Indonesia Marthinus Hukom mengatakan, penelusuran aset TPPU hasil dari peredaran narkotika menjadi penting, karena merupakan suatu bentuk penyajian kepastian hukum yang merupakan salah satu asas daripada penegak hukum. 

“Terkadang para penjahat ini mencoba untuk melepaskan diri, dari deteksi, dari penyelidikan kita, namun karena ketelitian spirit, komitmen dari BNN RI dan dibantu oleh bapak/ ibu sekalian kita dapat mampu untuk menelusuri satu-persatu aset-aset ini,” katanya.

Marthinus mengakui, kendati banyak aset-aset yang didaftar bukan dengan nama pemiliknya atau nama pelakunya, tidak akan dapat untuk mencegah ketelitian, keuletan, dari para penegak hukum. 

BACA JUGA:Jadi Incaran Para Pengendara, Ternyata Ini Kelebihan Vespa Sprint 2024

“Kita ketahui bahwa aset-aset yang didapatkan dari hasil pencucian uang, dari kejahatan narkoba adalah aset-aset dihasilkan oleh para produsen narkoba, para bandar narkoba, para kurir narkoba, dengan menyerap uang-uang dari masyarakat sambil menindas mereka,” ungkapnya 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: