Black Garlic dan Manfaat Luar Biasanya bagi Penderita Darah Tinggi

Black Garlic dan Manfaat Luar Biasanya bagi Penderita Darah Tinggi

Black Garlic punya banyak manfaat --

HARIANMUBA.COM - Black garlic, atau bawang hitam, adalah bawang putih yang telah melalui proses fermentasi pada suhu dan kelembapan tertentu selama beberapa minggu.

Proses ini tidak hanya mengubah warna bawang putih menjadi hitam, tetapi juga meningkatkan rasa dan aroma serta memperkaya kandungan nutrisi di dalamnya.

Bawang hitam dikenal karena memiliki berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa, terutama bagi penderita darah tinggi (hipertensi).

Berikut adalah beberapa manfaat black garlic yang patut dipertimbangkan.

BACA JUGA:3 Smartphone Vivo untuk Penggemar Fotografi dan Multitasking

1. Mengandung Senyawa Antihipertensi

Black garlic kaya akan senyawa organosulfur, seperti allicin dan S-allylcysteine, yang telah terbukti memiliki efek antihipertensi.

Senyawa-senyawa ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi black garlic secara teratur dapat membantu menurunkan angka tekanan darah sistolik dan diastolik, yang sangat penting bagi penderita hipertensi.

2. Efek Antioxidant yang Kuat

Salah satu keunggulan black garlic adalah kandungan antioksidannya yang tinggi. Antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan sel.

Dengan mengurangi peradangan, black garlic dapat membantu melindungi jantung dan pembuluh darah, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung yang seringkali terkait dengan hipertensi.

BACA JUGA:Apa Itu Stoikisme? Filosofi Kuno yang Kembali Populer di Era Modern

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: